Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Tanggal: 31 Mar 2018 17:08 wib.
Sebagian besar orang akan setuju jika dikatakan bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik dan bisa membawa kita ke dalam sejumlah masalah dan kesulitan. Hal ini juga berlaku pada kepemilikan kartu kredit, di mana semakin banyak kartu yang kita miliki, maka akan semakin sulit kita mengatur dan juga mengontrol penggunaannya. Akan sangat bijak jika kita hanya memiliki sejumlah kartu kredit yang memang benar-benar kita butuhkan saja, dan dengan begitu kita tidak perlu menyimpan risiko penyalahgunaan ataupun pemanfaatan yang tidak maksimal atas kartu-kartu tersebut. Simak beberapa poin  dibawah ini, terkait dengan penggunaan dan juga pengelolaan kartu kredit yang benar yang dilansir di laman cermati.com


1. Hindari Utang 

Ketika kita memiliki kartu kredit untuk pertama kalinya, maka kita wajib memiliki kesadaran penuh mengenai sejumlah dana yang terdapat di dalamnya. Kartu kredit bukan fasilitas pinjaman atau dana lebih yang diberikan oleh bank secara cuma-cuma. Pahami dengan baik bahwa semua transaksi yang kita lakukan dengan kartu kredit adalah utang yang harus kita bayarkan jika tagihan telah datang. Gunakan kartu kredit yang memberi manfaat maksimal dan diterbitkan oleh bank yang bisa dipercaya.

 

2. Hindari Menggunakan Banyak Kartu Kredit

Tidak ada gunanya memiliki banyak kartu kredit. Hal ini justru bisa memicu kita melakukan sejumlah pembelanjaan yang tidak perlu dan menimbulkan sejumlah utang di masa yang akan datang. Pikirkan untuk menggunakan hanya 1 atau 2 kartu kredit terbaik yang memberikan banyak keuntungan. Hindari pembelanjaan yang tidak penting dengan menggunakan kartu kredit yang kita miliki. Jangan berbelanja dengan kartu kredit, jika tidak mendapatkan sejumlah keuntungan.

 

3. Sesuaikan Limit Kredit dengan Pendapatan

Akan sangat bijak jika kita hanya menggunakan kartu kredit dengan limit yang tepat. Artinya, limit tersebut sesuai dengan pendapatan kita. Jangan sampai kita memiliki sejumlan kartu kredit yang limitnya sangat jauh atau puluhan kali lipat jumlahnya dari pendapatan tetap kita setiap bulannya. Hal ini sangat berbahaya bagi keuangan kita, terutama jika kita memiliki kesulitan dalam mengontrol pembelanjaan.

 

4. Tutup yang Tidak Perlu

Ada kalanya bank memberikan fasilitas kartu kredit dengan sangat mudah, bahkan ketika kita hanya melakukan pengajuan yang asal-asalan (tidak begitu berharap). Hal seperti ini bisa membuat kita memiliki sejumlah kartu kredit yang tidak dimanfaatkan dengan maksimal, dan ini tidak baik bagi keuangan Anda. Lakukan penutupan pada kartu kredit yang memang tidak/jarang digunakan, kemudian pilih kartu kredit yang paling banyak memberikan keuntungan bagi kita. Penutupan ini bisa dilakukan dengan cara mempertimbangkan beberapa hal seperti: besaran bunga yang dikenakan bank, penawaran dan fitur yang diberikan oleh bank, berbagai macam biaya yang harus kita bayarkan, dan juga berbagai macam keuntungan yang bisa kita dapatkan.

 

5. Lakukan Penutupan Secara Bertahap

Jika kita memiliki rencana untuk menutup beberapa kartu kredit yang kita miliki, maka jangan melakukan hal tersebut sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Hal ini akan mempengaruhi BI Checking kita. Lakukan penutupan secara bertahap, buat jeda beberapa pekan antara penutupan satu kartu dengan kartu yang lainnya.

 

6. Gunakan Secara Bergantian

Saat memiliki beberapa jenis kartu kredit, maka bisa dipastikan jika kita akan memiliki satu kartu kredit favorit. Biasanya kartu kredit inilah yang akan paling sering kita gunakan dalam berbagai transaksi keuangan yang kita lakukan. Hal ini kurang baik, karena secara otomatis kita akan sangat jarang menggunakan kartu kredit lainnya yang kita miliki. Lakukan rotasi pada penggunaan kartu kredit yang kita miliki, gunakan kartu-kartu tersebut secara berkala dan bergantian agar semua kartu bisa digunakan.

 

7. Pilih Kartu dengan Suku Bunga Terendah

Setiap bank tentu akan menerapkan berbagai kebijakan dalam kartu kredit yang mereka terbitkan, termasuk dalam menentukan besaran suku bunga yang mereka kenakan pada kartu kredit tersebut. Ada banyak bank yang menawarkan suku bunga yang cukup rendah bagi nasabahnya, dan kita bisa mempertimbangkan hal tersebut terutama jika kita memiliki kebiasaan tidak melunasi seluruh tagihan setiap bulannya.

 

8. Minta Kenaikan Limit

Limit kecil dan tidak pernah naik selama beberapa waktu. Ini adalah salah satu alasan bagi banyak orang untuk menggunakan kartu kredit lebih dari satu di dalam hidup mereka. Intinya hanya satu, limit kredit yang diberikan oleh pihak bank tidak mencukupi untuk berbagai transaksi keuangan yang dilakukan. Hal ini tentu menjadi sebuah masalah, terutama bagi kita yang memiliki sejumlah aktivitas padat dalam keuangan.

Jangan sungkan untuk meminta kenaikan limit pada bank penerbit kartu kredit yang kita gunakan, terutama jika kita telah cukup lama menjadi nasabah mereka. Namun jika bank tersebut menolak kenaikan limit yang kita minta, maka tidak ada salahnya untuk mengganti kartu kredit tersebut dengan kartu kredit dari bank lain yang bersedia memberikan limit lebih besar.

 

9. Hindari Penggunaan Melebihi Limit

Jangan menggunakan kartu kredit hingga mencapai batas kredit maksimal, hal seperti ini hanya akan membuat skor kredit kita menjadi buruk. Gunakan kartu kredit pada batas limit yang wajar, sekitar 40% dari limit yang diberikan oleh bank.

 

10. Lunasi Semua Tagihan

Lakukan pelunasan terhadap semua pembelanjaan dan juga berbagai biaya yang timbul di dalam kartu kredit kita, terutama iuran tahunan. Jangan sampai sejumlah hutang dan tunggakan membuat skor kredit kita menjadi buruk di mata bank.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved