Tips Memilih Skincare yang Tepat dan Tahap Awal Penggunaannya

Tanggal: 30 Nov 2022 10:02 wib.
Memiliki kulit yang sehat dan cerah tentunya bukan hasil kerja semalam. Perlu konsistensi dalam penggunaan skincare setiap harinya. Meski urutan pemakaian skincare terbilang cukup panjang, namun hasil yang didapat sangat sepadan. Skincare dapat mengurangi risiko permasalahan kulit, menghilangkan dark spot, mencegah penuaan, hingga mengatasi jerawat.

Namun manfaat skincare bisa didapat jika Anda tepat dalam memilih produk. Pastikan produk yang digunakan bagus dan aman bagi wajah serta sesuai dengan kondisi kulit. Selain itu, cara mengaplikasikannya pun perlu dilakukan dengan benar supaya hasil lebih optimal. Supaya tidak ada lagi kesalahan dalam menggunakan skincare, yuk baca tips memilih skincare berikut ini!

Skincare adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk menyehatkan kulit dan meningkatkan penampilan dengan cara menutrisi kulit melalui produk kecantikan. Ada banyak tahapan skincare yang perlu digunakan setiap harinya baik saat pagi maupun malam hari. Namun, sangat dianjurkan untuk mengetahui jenis kulit Anda sebelum memulai perawatan. Salah dalam memilih produk dapat memperparah kondisi kulit dan memberikan efek samping.

Pada dasarnya, semua skincare yang sudah lulus uji dan izin memiliki bahan yang aman bagi tubuh. Maka ketika terjadi iritasi, ada kemungkinan disebabkan oleh ketidakcocokan kulit dengan kandungan pada produk perawatan. Meski begitu, sebuah produk skincare dapat dikatakan bagus jika membuat kondisi kulit menjadi lebih baik dan sehat dalam jangka waktu panjang. Untuk hasil yang optimal tentu saja perlu didukung dengan menerapkan step skincare dan skincare routine yang tepat.

Demi mendapatkan kulit yang kencang dan segar, sangat penting untuk memperhatikan urutan pemakaian skincare. Masih banyak yang hanya berfokus pada komposisi serta manfaat skincare dan melupakan cara pemakaiannya. Padahal hal ini dapat membantu kulit Anda mendapatkan manfaat penuh dari setiap produk yang digunakan. Skincare terbaik bukanlah yang mahal, namun yang tepat dan sesuai penerapannya pada wajah.

Perlu diperhatikan pula bahwa step skincare pada pagi dan malam hari berbeda. Tujuan utama penggunaan skincare saat pagi adalah untuk melindungi kulit dari kotoran dan paparan sinar matahari. Sedangkan pada malam hari, perawatan bertujuan untuk mengistirahatkan dan menenangkan wajah. Ketika Anda sudah mengetahui tipe kulit wajah yang Anda miliki, langkah selanjutnya adalah menentukan tahapan skincare rutin. Ada banyak produk perawatan yang ditawarkan dengan manfaat masing-masing, maka sangat mungkin jika rutinitas setiap orang berbeda.

Namun untuk langkah awal berikut ini adalah perawatan dasar berikut bisa Anda coba:

Cleansing

Langkah paling awal adalah membersihkan wajah supaya produk-produk yang digunakan selanjutnya dapat menempel dengan baik. Penting mencuci muka dengan pembersih wajah di pagi hari untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk semalaman. Sedangkan pada malam hari bisa diawali dengan membersihkan wajah dengan make up remover yang dilanjutkan dengan mencuci muka dengan sabun face wash. Sebaiknya lakukan kegiatan cleansing 1-2 kali sehari karena terlaluterlu sering membersihkan akan membuat kulit menjadi kering.

Toner

Urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah dengan menggunakan toner. Ada banyak manfaat dari penggunaan toner, seperti mengangkat kotoran yang tersisa, mengembalikan pH kulit yang hilang saat cuci muka, dan pada produk dengan bahan tertentu dapat meredakan peradangan jerawat.

Serum

Serum mengandung konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi dibanding pelembapb sehingga sangat mudah diserap oleh kulit. Cara penggunaan serum adalah dengan menuangkan beberapa tetes pada telapak tangan yang bersih, gosok tangan agar suhu lebih hangat, kemudian aplikasikan pada wajah sambil ditepuk-tepuk.

Moisturizer

Selain bertujuan untuk melembabkan kulit, moisturizer juga bermanfaat untuk mengunci kandungan serum. Pilih pelembab dengan tekstur krim untuk pemilik kulit kering dan tekstur gel untuk kulit berminyak. Saat malam hari, moisturizer dapat digantikan dengan krim malam yang memiliki fungsi ganda, yaitu melembabkan dan merawat kulit. Jika ingin skincare routine yang lebih lengkap, setelah penggunaan serum bisa dilanjutkan dengan penggunaan krim mata dan obat jerawat bagi yang memerlukan sebelum menggunakan krim malam.

Sunscreen

Terpapar sinar matahari tanpa perlindungan dapat merusak kulit dan mempercepat keriput pada wajah. Untuk itulah sangat disarankan selalu menggunakan tabir surya meskipun Anda beraktivitas dalam ruangan. Pastikan sunscreen sudah teroleh diaplikasikan 15-30 menit sebelum bepergian. Untuk perawatan malam hari, tahapan sunscreen digantikan oleh penggunaan face oil. Tidak hanya menambah kelembaban kulit, face oil juga dapat mencerahkan wajah, mengecilkan pori-pori, dan mengatasi penuaan dini.

Beberapa tahun terakhir dunia kecantikan sedang naik daun karena semakin banyak yang sadar untuk merawat kecantikan wajah. Berbagai merk berlomba melakukan inovasi demi menghasilkan produk skincare terbaik. Tidak sedikit pula yang membeli hanya karena ingin mengikuti trend tanpa melakukan review terlebih dahulu. Padahal hal ini bisa mengakibatkan iritasi wajah karena komposisi yang tidak cocok pada kulit.



Maka sangat penting untuk membaca kandungan pada skincare sebelum membelinya karena tidak sedikit produk terkenal yang ternyata memiliki kandungan berbahaya bagi kulit. Apa yang dianggap bagus belum tentu aman. Supaya Anda tidak salah pilih, berikut cara tepat untuk memilih skincare yang bagus dan aman:


Sesuaikan dengan jenis kulit


Tahapan ini sangat dasar namun penting untuk dilakukan. Tanpa mengetahui tipe kulit, akan sulit untuk menentukan skincare apa yang cocok untuk Anda. Umumnya, ada 3 jenis kulit yaitu normal, kering, dan berminyak. Jika ragu, Anda bisa memastikan kondisi kulit ke dokter atau klinik kecantikan.


Perhatikan izin produk


Salah satu kategori skincare aman adalah telah lulus uji dan terdaftar di BPOM. Ingat, izin BPOM bersifat unik untuk satu produk dan bukan brand. Jadi sangat mungkin jika ada produk dari suatu merek yang belum atau masih diproses izinnya. Selain memiliki legalitas yang jelas, skincare yang aman juga sangat informatif terkait produknya, seperti memberitahukan tempat produksi maupun nama dokter yang meraciknya.


Baca komposisi skincare


Meski akan membingungkan di awal, tapi mencari tahu kandungan skincare sangat penting dilakukan. Cukup banyak formula yang tanpa kita sadari berbahaya bagi wajah karena sering digunakan oleh produk kecantikan. 


Hindari produk yang menawarkan hasil instan


Ingin segera memiliki wajah yang cerah bersinar membuat banyak orang mencari jalan pintas. Faktanya, produk yang bagus membutuhkan waktu cukup lama karena membiarkan kulit membaik dengan alami. Selain itu, skincare yang aman juga tidak menyebabkan ketergantungan maupun efek samping setelah penghentian pemakaian.

Itulah tips memilih skincare yang baik bagi kulit dan tahap dasar perawatan dalam menggunakan produk skincare. Dan jika Anda ingin mengetahui seputar produk perawatan kulit maupun produk kecantikan, dapat melihat ulasannya di Marsha Beauty. Hadir sebagai platform kecantikan yang mengenalkan dan mengulas produk-produk terbaik brand kecantikan yang ada di market Indonesia. Marsha Beauty ingin menjadi tempat yang memberikan referensi untuk perempuan Indonesia dalam menemukan beauty product terbaik sesuai kebutuhan mereka.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved