Tips Aman Memilih Pinjol yang Benar dan Legal

Tanggal: 11 Sep 2020 14:37 wib.
Semenjak kehadiran perusahaan finansial teknologi (fintech) saat ini, transksi untuk meminjam uang menjadi semakin mudah. Sebelumnya opsi untuk meminjam uang hanya bisa dilakukan melalui bank, kerabat atau melalui rentenir. Kini dengan pesatnya perkembangan teknologi serta kehadiran pinjaman online cepat cair maka pinjam uang tidak ribet lagi karena cukup dengan menggunakan smartphone sudah bisa mendapat pinjaman uang. Karena kemudahan yang ditawarkan oleh pinjol tersebut sehingga aplikasi pinjol menjadi populer di kalangan milenial. Tk dinyana kehadiran fintech pinjol tersebut memberikan dampak yang positif dalam hal membantu keuangan masyarakat. Khususnya bagi mereka yang sedang membutuhkan dana secara mendadak atau guna memenuhi kebutuhan darurat seperti biaya berobat, biaya sekolah anak atau bahkan biaya hisup sehari-hari. 

Sebagai generasi milenial tentunya harus melek informasi akan fintech yang kini sedang populer di tanah air. Jumlah fintech dari tahun ke tahun terus bertambahsehingga harus waspada dengan pinjol abal-abal. Pinjol itu sendiri adalah salah satu produk dari Financial Technology (fintech) yang menawarkan pinjaman uang tunai lewat internet. Untuk dapat meminjam uang tunai melalui internet tersebut tidak memerlukan jaminan seperti meminjam uang ke bank. Caranya cukup mudah, yaitu cukup dengan memberikan data atau syarat berupa KTP serta informasi pekerjaan. dan dalam waktu beberapa menit, uang tunai yang dipinjam akan segera cair langsung ke rekening anda. Sangat mudah bukan? Hal tersebut yang membuat banyak orang memilih mengajukan pinjaman di internet.



Terlepas dari berbagai kemudahan tersebut, pinjol memberikan kisah orang-orang yang terjerat bunga tagihan yang besar sampai dengan proses penagihan yang tidak manusiawi. tetapi hal tersebut dilakukan oleh pinjol-pinjol yang tidak terdaftar serta tidak berijin resmi dari OJK ( Otoritas Jasa Keuangan). Nah, agar tidak menjadi korban dari penyelenggara pinjol yang ilegal, berikut ini ada beberapa tips memilih pinjaman online cepat cair yang benar serta terpercaya. yang perlu diingat yaitu anda harus tetap bertanggung jawab bila sudah mengajukan pinjaman online agar dapat menjalani hidup dengan tenang.


Cek ijin dari OJK


Langkah paling awal yang harus dilakukan yaitu dengan mengecek informasi Platform P2P Lending tersebut di OJK serta AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia). Hal ini sangat penting bagi kenyamanan serta keamanan diri sebagai calon nasabah. Pada kurun waktu tertentu dan secara rutin OJK menerbitkan daftar fintech penyedia pinjaman online yang telah terdaftar dan memiliki ijin resmi.


Pelajari perhitungan biayanya


Pinjol menawarkan pencairan dana yang langsung cair, di mana kecepatannya jauh lebih singkat dari pengajuan di bank. Pengajuan di bank membutuhkan waktu untuk proses survey dan keputusan hingga berminggu-minggu. Sedangkan pinjol hanya dalam hitungan menit, dana sudah bisa langsung masuk ke rekening peminjam. Pinjol yang legal pastinya akan memberikan informasi berapa potongan biaya tambahan dengan sejelas-jelasnya. Sedangkan pinjol yang ilegal biasanya tidak memberikan informasi tersebut.


Pahami syarat pinjaman


Untuk pengajuan pinjaman online biasanya hanya berupa foto KTP, foto selfie dengan KTP, foto slip gaji sampai dengan foto NPWP. Bila anda kedapatan menemukan pinjol yang memberikan persyaratan yang aneh maka sebaiknya waspada dan tidak melakukan pengajuan.


Coverage area


meskipun pinjol memberikan layanan melalui internet namun ada beberapa di antaranya yang memiliki batas area jangkauan. namun ada juga yang bisa memberikan layanan hingga ke seluruh pulau Jawa atau kota-kota tertentu seperti Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar.


Bersikap teliti dengan tagihan


Setiap orang akan merasa senang bila dana yang diharapkan pada akhirnya cair. Akan tetapi pada beberapa orang yang hanya tergiur dengan dana cair bersikap ceroboh dengan tidak memperhatikan tagihan yang dimiliki. dan bahkan yang lebih parahnya mereka tidak menyadari bila tenor yang ditetapkan oleh pinjol tersebut sehingga tagihan memasuki jatuh tempo akan merasa bingung. Pinjol yang legal akan memberikan informasi yang jelas mengenai detail tagihan. Dimulai dari tanggal jatuh tempo, berapa besarnya bunga serta denda yang akan dikenakan bila ada keterlambatan pembayaran.


Informasi layanan pelanggan


Pinjol yang terpercaya dan terdaftar resmi di OJK akan memiliki layanan pelanggan. Mulai dari nomor telepon, email perusahaan hingga akunnmedia sosial. hal ini agar konsumen tidak merasa kebingungan ketika terjadi masalah.



Itulah tips aman bagi anda dalam memilih pinjaman online cepat cair. Tentunya selain menerapkan tips-tips di atas, sebaiknya sesuaikan dana pinjaman dengan kemampuan anda untuk membayarnya. 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved