Susah Tidur Coba Lakukan 4 Cara Sederhana Ini

Tanggal: 18 Sep 2017 10:56 wib.
Tampang.com - Kesulitan tidur alias Insomnia memang menjadi suatu masalah yang penting. Hal ini karena tidur adalah suatu kegiatan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Insomnia sendiri dapat disebabkan karena beberapa faktor. Stress salah satu pemicunya. Para penderita insomnia sering memiliki gejala di siang hari yang terkait dengan kurang tidur, seperti kantuk di siang hari, kelelahan, dan penurunan kewaspadaan mental.

 

Jika anda memiliki insomnia, biasanya anda ketika bangun tidur dalam keadaan lelah dan mood buruk, yang dapat mempengaruhi kemampuan kamu beraktivitas pada siang hari.

Jika kamu salah satu yang sulit untuk tidur, coba 4 cara ini supaya tidur lebih cepat.

1. Teknik pernapasan 4-7-8

Teknik pernapasan 4-7-8 diperkenalkan oleh Dr. Andrew Weill dari Arizona. Ia menjelaskan, teknik ini sebenarnya terinspirasi oleh yoga, benar-benar sederhana, tak memakan waktu, tidak memerlukan peralatan, dan dapat dilakukan di mana saja. Teknik ini bertindak sebagai obat penenang saraf alami dengan cara mengurangi stres dan ketegangan dalam tubuh sehingga membantu orang mengantuk, bahkan tertidur dalam waktu 60 detik. Berikut langkah melakukan teknik pernapasan 4-7-8.


Posisikan ujung lidah pada atap mulut, tepat di area gusi di atas gigi Anda.
Buang napas cukup kuat melalui mulut hingga terdengar suara “mendesing”.
Tutup mulut Anda dan tarik napas lembut melalui hidung dalam 4 hitungan.
Tahan napas dan kemudian hitung sampai tujuh.
Keluarkan napas melalui mulut Anda dalam satu napas, buat suara mendesing, kali ini selama delapan detik.
Tarik napas lagi dan ulangi siklus di atas sebanyak tiga kali.


Teknik ini memungkinkan tubuh untuk mengambil lebih banyak oksigen untuk mempromosikan kondisi tenang. Teknik pernapasan 4-7-8 juga dapat membantu Anda bermeditasi dengan mengalihkan perhatian Anda dari stress sehari-hari, sehingga membuat akhirnya membuat tubuh mengantuk.

2. Berhitung dengan nomor yang kelipatannya banyak

Latihan ini bertujuan melelahkan pikiran Anda. Awalnya, mungkin akan membuat Anda melek terus-menerus karena berpikir keras. Hitung sampai 200 atau beberapa angka yang menantang pikiran Anda.

Ulangi jika Anda mau. Tujuannya untuk menghilangkan pikiran anda dari sesuatu yang mengganggu dan membosankan. Jika anda tidak bisa tidur dengan setelah mencoba satu metode penghitungan, beralihlah ke yang lain.

3. Bayangkan sebuah tempat yang indah

Bayangkan tempat yang ingin Anda kunjungi atau tempat favorit Anda, gunakan pikiran Anda sehingga Anda merasa terbang seperti Superman. Bayangkan tempat yang sudah dikenal atau lokasi eksotis. Pastikan Anda memilih adegan yang menyenangkan yang terkait dengan keingintahuan, kesenangan sederhana atau ketenangan.

Hindari membayangkan tempat yang mengingatkan Anda akan rasa sakit atau stres. Terus bayangkan Anda berada di sama sampai Anda merasa nyaman dan mengantuk.

4. Tulislah semua rencana yang akan anda lakukan besok hari di atas kertas

Bagi selembar kertas menjadi dua dan buat dua daftar: satu tugas mendesak dan tugas penting. Kemudian kembali tidur. Biasanya setelah melakukan ini Anda akan lebih mudah untuk tidur. Mengapa? Menulis to do list akan membuat Anda merasa seperti lebih siap untuk menghadapi hari esok dan tak perlu khawatir untuk mengingat semua hal yang dilakukan untuk esok hari.

Cara sederhana ini dapat kamu lakukan, jika kamu bukan penderita insomnia kronis. Ini hanya berlaku untuk orang yang sulit tidur, dan insomnia ringan.

Jika kamu telah masuk pada kategori insomnia kronis, segera hubungi dokter yang bersangkutan untuk penyelesaiannya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved