Setelah Belajar Minum Alkohol, Ingatan Anda Akan Awet!

Tanggal: 4 Okt 2017 09:07 wib.
Meminum alkohol mampu meningkatkan memori untuk informasi yang dipelajari sebelum Anda meminumnya, menurut penelitian terbaru.

Dalam studi University of Exeter, 88 pemerhati sosial diberi tugas belajar kata. Peserta kemudian dibagi dua kelompok secara acak dan disuruh minum sebanyak yang mereka suka (rata-rata adalah empat unit) atau tidak minum sama sekali.

Keesokan harinya, mereka semua melakukan tugas yang sama lagi, dan mereka yang telah mabuk alkohol ingat lebih banyak tentang apa yang telah mereka pelajari.

Para periset sangat ingin menekankan bahwa efek positif terbatas ini harus dipertimbangkan bersamaan dengan efek negatif alkohol yang ada pada memori dan kesehatan mental dan fisik.

"Penelitian kami tidak hanya menunjukkan bahwa mereka yang meminum alkohol lebih baik saat mengulangi tugas belajar kata, namun efek ini lebih kuat di antara mereka yang minum lebih banyak," kata Profesor Celia Morgan, dari University of Exeter.

"Penyebab efek ini tidak sepenuhnya dipahami, namun penjelasan utamanya adalah alkohol menghambat pembelajaran informasi baru dan oleh karena itu otak memiliki lebih banyak sumber daya yang tersedia untuk meletakkan informasi lain yang baru dipelajari ke memori jangka panjang.

"Teorinya adalah bahwa hippocampus - area otak sangat penting dalam ingatan - beralih ke memori 'mengkonsolidasikan', mentransfer dari ingatan singkat ke memori jangka panjang."

Efek yang dicatat oleh para peneliti telah ditunjukkan dalam kondisi laboratorium sebelumnya, namun ini adalah studi pertama yang mengujinya dalam keadaan alami, dengan orang-orang minum di rumah mereka.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved