Sebenarnya, Kapankah Waktu yang Tepat untuk Menggosok Gigi?

Tanggal: 13 Mar 2018 10:16 wib.
Tampang.com - Menurut para pakar gigi, kegiatan menggosok gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yakni pagi dan malam. Hal ini memang telah diketahui oleh kita. Namun, tahukah kamu kapan tepatnya waktu untuk menggosok gigi ini?

Menurut David Manton, seorang profesor Universitas Melbourne dan dokter gigi anak, waktu yang paling tepat yang harus dilakukan adalah sebelum tidur.

Lalu, bagaimana dengan menggosok gigi di pagi hari, kapankah tepatnya? Apakah sebelum atau sesudah sarapan? Profesor Manton punya jawaban sendiri.

"Saya rasa itu tidak penting," ujar Dr Manton.

Kok bisa begitu?

Ketika kita menggosok gigi, alasan kegiatan ini pada pandangan kita adalah menghilangkan sisa makanan yang ada. Namun, poin penting dari kegiatan ini ternyata membuang plak.

Plak, yang digambarkan oleh Profesor Manton sebagai lapisan putih yang Anda sikat, adalah penyebab kerusakan gigi. Gula dalam makanan kita memberi makan bakteri yang tinggal di plak tersebut.

"Itu mengubah lingkungan sehingga mereka suka makan gula, mereka membuat asam. Kemudian asam itu akan melarutkan gigi dan menyebabkan berlubang," jelasnya.

Hal inilah alasan mengapa ketika kita sebaiknya mengurangi mengkonsumsi makanan yang manis. Dokter gigi telah meningkatkan peringatan tentang tingkat kerusakan gigi terutama pada anak kecil.

Para ahli menyarankan agar orangtua menghindari untuk memberi anak-anak minuman bergula, termasuk jus, dan justru memberi mereka susu atau air biasa saja.

"Ini tentang pola makan, dan begitu banyak makanan olahan kita mengandung gula di dalamnya sehingga sulit untuk melepaskan diri dari makanan manis akhir-akhir ini," kata Profesor Manton.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved