Olahraga Sudah, Diet Sudah, Kok Tubuh Tidak Berubah? Apa yang Salah?

Tanggal: 27 Agu 2017 18:21 wib.
Tampang.com - Kamu merasa telah cukup melakukan olahraga secara rutin dan melakukan pola hidup sehat. Namun tubuh tak kunjung mengalami perubahan. Apa yang salah?

Untuk mengetahui jawabannya, kamu dapat dengarkan saran dari Jay Cardiello, pelatih pribadi selebriti Hollywood sekaligus pengisi acara My Diet is Better than Yours.

Dikutip dari laman Men's Fitness, menurut Jay Cardiello, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membentuk otot, mulai dari kualitas tidur, diet, program fitness, bahkan kesehatan mental kamu.

1. Kurang istirahat

Jika kamu melakukan olahraga namun tak pernah istirahat, itu sama saja dengan sia-sia.

Jika tidak cukup istirahat, otot tidak akan berkembang.  Kurang istirahat, justru membuat kortisol (hormon stres) dalam tubuh meningkat, mengacaukan produksi hormon lain, sehingga glikogen tidak dapat tersimpan dengan baik.

"Semuanya berdampak buruk pada pertumbuhan otot,” kata Cardiello.

Cardiello menyarankan untuk tidur tujuh hingga delapan jam di malam hari. Hilangkan hal-hal yang membuat kamu stres sebelum tidur, termasuk mematikan semua alat elektronik, setidaknya 30 menit sebelum tidur.

2. Kurang asupan protein

Protein menjadi kandungan yang sangat penting untuk membentuk dan memperbaiki jaringan otot dengan asam amino yang dimilikinya.

Jika kamu tidak mengonsumsi cukup banyak asam amino, otot tidak akan berkembang. Konsumsi sedikitnya 1,2 hingga 1,7 gram protein per kilogram berat badan kamu per hari.

"Dengan kata lain, laki-laki dengan berat badan 91 kilogram harus mengonsumsi 109 hingga 154 gram protein per hari," tutur Cardiello.

3. Terlalu banyak melakukan kardio

“Jika tujuan kamu meningkatkan ukuran (otot), kardio bukan pilihan ideal. Prioritaskan pada HIIT dan kardio ringan,” kata Cardiello.

HIIT merupakan salah satu jenis latihan kardio yang menggabungkan latihan intensitas tinggi dengan sedang atau bahkan rendah dalam waktu tertentu. Misalnya, latihan sprint dengan jogging. 60 detik melakukan lari kecil, dilanjutkan dengan sprint selama 30 detik dan seterusnya.

4. Kurang karbohidrat

Karbohidrat bukanlah musuh utama, kecuali karbohidrat yang terdapat dalam potongan pizza, roti dan masih banyak lagi.

“Jika tidak mengonsumsi cukup karbohidrat, Anda tidak memberikan otot glikogen yang dibutuhkan untuk membentuk otot. Selain memengaruhi bentuk otot, kurang karbohidrat membuat kamu lemah,” ujar Cardiello.

5. Kurang minum

Air merupakan hal penting dalam proses pencernaan. Saat seseorang tidak minum cukup air, akan berdampak pada tubuhnya, termasuk otot.

Pastikan kamu minum air sebanyak dua per tiga dari berat badan per hari. "Dengan kata lain, laki-laki dengan berat badan 91 kilogram harus minum 12,5 cangkir air per hari,” ujar Cardiello.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved