Manfaat Penting Kacamata Hitam

Tanggal: 25 Apr 2018 23:41 wib.
Manfaat Penting Kacamata Hitam

 

Penggunaan kacamata hitam sering diidentikan dengan sekedar gaya yang sering dianggap sebagai bagian dari tren fashion semata. Padahal penggunaan kacamata hitam tidak hanya sebatas gaya melainkan juga memiliki manfaat penting untuk melindungi mata. Salah satu lembaga yang sering mengenakan kacamata adalah lembaga aparat kepolisian yang bertugas di luar ruangan.

Selain karena faktor usia, salah satu faktor terbesar penyebab katarak pada mata adalah sinar UV. Selain katarak, penyakit mata yang sering timbul akibat kurangnya proteksi dari sinar UV adalah Pterigium (jaringan seperti serabut yang timbul di bagian putih mata), Pinguekula (benjolan kuning pada selaput tipis di bagian putih mata), mata merah, mata terasa nyeri dan berair, mata bengkak, hingga pusing kepala.

Berikut adalah manfaat kacamata hitam berdasarkan jenisnya.

1. Kacamata dengan lensa polarisasi

Kacamata hitam dengan lensa polarisasi mempunyai manfaat untuk bisa mengurangi cahaya yang dipantulkan oleh sinar matahari. Kacamata jenis ini sangat berguna untuk para pengemudi di siang hari atau juga untuk mereka yang melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama.

 

2. Kacamata berlensa polikarbonat

Selanjutnya adalah kacamata yang memiliki lensa polikarbonar yang ditanam di dalam lensa kacamata nya. Manfaat dari kacamata ini adalah untuk melindungi mata dari sinar matahari, terutama mereka yang menyukai aktivitas ektrem seperti olahraga ektreme di luar ruangan.

 

3. Kacamata pemblokir warna biru

Penggunaan lensa yang bisa memblok warna biru sangatlah bermanfaat untuk bisa melihat benda jauh yang letaknya ada diantara kabut atau penghalang lainnya. Kacamata hitam jenis ini sangat bermanfaat jika digunakan oleh para pemburu atau pun pelaut.

 

4. Kacamata berlensa gradient

Terdapat 2 jenis lensa guardian yaitu yang tunggal dan juga yang ganda. Untuk lensa tunggal biasanya akan lebih gelap dan dinilai mampu untuk mengurangi paparan cahaya yang terlalu silau sehingga saat menggunakannya bisa melihat objek dengan sangat jelas. Biasanya kacamata ini digunakan oleh mereka yang senang berolahraga dan mengemudi. Sedangkan kacamata yang memiliki lensa ganda akan sangat baik jika digunakan oleh mereka yang senang melakukan aktivitas air.

 

Karena sudah tau manfaat kacamata hitam, mulai sekarang jangan malu lagi  mengenakan kacamata hitam, karena kacamata hitam tidak melulu soal gaya tetapi juga penting sekali demi kesehatan mata kita.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved