Manfaat Menangis untuk Tubuh

Tanggal: 10 Apr 2018 11:05 wib.
Tampang.com - Menangis merupakan cara yang ampuh untuk meluapkan emosi kesedihan yang terjadi dalam diri. Menangis dapat melepaskan beban batin yang dirasakan dan juga memiliki manfaat lainnya terutama untuk fisik dan emosional. Dilansir dari step to health, berikut ini manfaat dari menangis.

                     

1. Menghilangkan hormon berbahaya dalam tubuh

Menangis dapat menghilangkan hormon adrenocoticotropic (ACTH) yang jika hormon ini terkumpul secara berlebihan maka akan mengalami sindrom Addison. Sindrom ini akan membuat tubuh merasa lelah dan menyebabkan masalah depresi dan glukosa rendah.

2. Melembapkan mata

Tubuh memiliki air alami untuk melembapkan mata. Menangis juga merupakan bentuk mekanisme pertahanan terhadap rangsangan tertentu seperti makanan pedas, debu, bawang, angin dan mata kering.

3. Membuat perasaan lebih baik

Menangis akan membuat perasaan lebih bebas dan lebih stabil secara emosional. Hal ini karena sistem saraf parasimpatik aktif akibat rangsangan kelenjar yang terletak pada mata. Stimulus ini mengirimkan perasaan positif ke seluruh tubuh.

4. Menurunkan tekanan darah

Menangis akan membuat tubuh merasa rileks. Tekanan darah akan berkurang serta sirkulasi darah pun akan menjadi lebih baik.

5. Mengalami lebih banyak emosi

Menangis bukan hanya tentang rasa sedih dan marah tapi juga erat kaitannya dengan rasa syukur, kebahagiaan dan ketenangan. Dengan menangis memberikan Anda berbagai perasaan emosional.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved