Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Makan!

Tanggal: 13 Apr 2018 10:18 wib.
Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Makan!

 

Makanan adalah kebutuhan utama manusia untuk bertahan hidup.

Untuk itu manusia makan 2 atau 3 kali dalam sehari. Tahukah anda bahwa tidak hanya makanan yang tidak sehat yang berdampak buruk untuk tubuh tetapi kebiasaan-kebiasaan yang salah saat dan setelah makan juga dapat berdampak negatif untuk kesehatan.

Berikut beberapa kebiasaan yang tidak baik saat dan setelah makan.

 

1. Makan Terlalu Cepat

Makanan yang dikonsumsi terlalu cepat tidak akan terkunyah dengan sempurna. Selain itu, orang yang terbiasa makan dengan cepat ternyata  akan membutuhkan porsi makanan lebih banyak dari yang dibutuhkan. Sebab, umumnya otak baru bisa mengirimkan sinyal pertanda kenyang sekitar 15-20 menit setelah makan dimulai. Sehingga, tanpa sadar anda telah menghabiskan porsi yang besar, dalam rentang waktu yang cepat. Kebiasaan ini akhirnya dapat membuat berat badan anda meningkatkan.

 

2. Makan Sambil Nonton TV

Hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Birmingham menunjukkan bahwa kebiasaan makan sambil menonton TV  tidak baik untuk kesehatan. Sebab, otak anda menjadi  teralihkan untuk mengirimkan sinyal kenyang pada tubuh. Hal ini akan mengakibatkan anda  mudah merasa lapar kembali, meski sebenarnya baru saja makan beberapa jam yang lalu. Itu berarti bahwa makan juga harus konsentrasi.

 

3. Makan terlalu malam

Metabolisme akan melemah dan pembakaran menjadi lebih lambat pada malam hari. Jika anda terlalu banyak makan di malam hari, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyerap nutrisi dibandingkan kebutuhan normal. Kebiasaan makan terlalu malam juga akan organ pencernaan terus aktif, walaupun anda tertidur namun organ pencernaan akan melek sepanjang malam, sehingga mengakibatkan kerja keras organ ini keesokan harinya. Sebaiknya jangan lagi membiasakan diri makan terlalu makan.

 

4. Merokok setelah makan

Merokok setelah makan adalah ritual yang wajib dilakukan oleh mereka yang sudah kecanduan rokok. Tapi ternyata itu adalah kebiasaan yang berbahaya. Karena, kandungan tembakau dalam rokok dapat menghambat penyerapan vitamin dan mineral termasuk kalsium dan vitamin C dan D dari makanan yang anda konsumsi. Jika anda salah satu yang melakukan hal ini, segera diubah ya sebelum terlambat.

 

5. Makan Sambil Berdiri

Makan sambil berdiri juga menjadi salah satu kebiasan yang sering dilakukan dan ternyata harus dihindari karena punya dampak yang tidak baik buat kesehatan. Karena akan membuat asam lambung naik dan kinerja pencernaan menurun karena jatuhnya makanan ke dalam lambung lebih cepat. Semua ini juga bisa mengakibatkan dinding lambung luka dan iritasi.

 

Itulah hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat dan setelah makan karena akan berdampak negatif bagi kesehatan  jika terus menerus dilakukan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved