Jangan Berlebihan Makan Mie Instan, Ini Efek Sampingnya!

Tanggal: 30 Jul 2017 23:39 wib.
Siapa yang tak mengenal mie instan. Makanan satu ini memang sangat populer, di setiap toko makanan pasti tersedia mie instan dengan berbagai merk dan berbagai rasa. mi kering yang dikemas dengan bubuk penyedap dan minyak bumbu ini sering dikritik sebagai makanan tanpa nutrisi. Akan tetapi, karena harganya yang terjangkau, cara memasak yang mudah serta kelezatan rasanya membuat mi instan ini tetap menjadi makanan favorit. Akan tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan, mie instan ini tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Dikutip dari halosehat.com, berikut 6 efek samping mie instan bagi tubuh kita :

1. Meningkatkan kadar kolesterol

 Makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol bukan hanya makanan bersantan atau aneka makanan laut tetapi ternyata Mie Instan juga menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol karena kandungan garam yang tinggi.

2. Menghambat penyerapan nutrisi

Tidak sedikit orangtua yang memberi anaknya makanan instan berupa Mie. Karena alasan – alasan khusus seperti masalah waktu ataupun memang sang anak doyan dengan rasa Mie Instan. Padahal Mie Instan sangat tidak baik untuk pertumbuhan anak – anak. Hal ini dikarenakan Mie Instan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh anak – anak. Apa lagi bagi anak – anak yang masih berusia di bawah 6 tahun.

3. Mengganggu pencernaan

Karena Mie Instan dapat menghambat nutrisi masuk ke dalam tubuh, ini juga menjadikan pencernaan dalam tubuh terganggu. Pencernaan yang baik memerlukan bantuan nutrisi dan mineral yang banyak. Maka dari itu tidak sedikit yang gemar mengkonsumsi Mie Instan mengalami sembelit atau susah buang air besar.

4. Memicu sakit kepala

Mie Instan mengandung kadar MSG yang sangat banyak. MSG sangat tidak baik untuk tubuh maupun otak kita. Mengkonsumsi MSG dapat memberi efek ringan hingga serius. Sederhananya adalah sakit kepala. MSG dapat memicu timbulnya sakit kepala

5. Membuat perut buncit dan kantung mata

Kandungan garam yang sangat melimpah dalam Mie Instan secara tidak langsung membuat perut menjadi buncit dan menambah kantung mata. Mengkonsumsi garam yang banyak memang dapat membuat kedua hal tersebut tidak hanya dalam Mie Instan saja.

6. Obesitas

Mie Instan jika dikonsumsi memberi efek mengenyangkan. Namun setelah itu dalam beberapa jam kemudian kita akan kembali merasa lapar. Padahal kalori dan karbohidrat di dalam Mie Instan sudah banyak. Hal ini cenderung membuat kita makan beberapa kali lipat. Apa lagi tidak sedikit yang menyandingkan Mie Instan dengan nasi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved