Inilah Berbagai Cara Mudah Membuat Kulit Cerah dan Kencang

Tanggal: 18 Des 2017 08:15 wib.
Penampilan seorang wanita akan terlihat lebih menarik jika memiliki kulit yang cerah dan kencang. Berbagai perawatan mencerahkan kulit sekaligus mengencangkan kulit yang aman pun bisa menjadi pilihan mulai dari perawatan harian hingga treatment pencerahan. Tak hanya perawatan mahal yang bisa membuat kulit Anda cerah dan kencang, tetapi perawatan kulit yang murah meriah pun bisa membuat kulit tampak cerah dan kencang.

Wanita cantik itu yang berkulit cerah atau putih, serta kulitnya kencang. Mindset seperti itu masih terpatri kuat dalam benak para wanita Indonesia yang umumnya berkulit kuning langsat dan sawo matang. Meski treatment tanning atau menggelapkan kulit juga mulai disukai, namun masih banyak wanita lebih bangga jika kulitnya lebih cerah dan putih. Tidak aneh jika di pasaran beragam produk untuk mencerahkan kulit sampai berbagai treatment modern di tempat-tempat perawatan kecantikan sangat laku.

Setiap orang sebenarnya sudah dikaruniai tipe kulit masing-masing yang sesuai dengan genetik dan geografis tempat tinggalnya. Tipe kulit dibedakan dari skala satu hingga enam. Tipe kulit orang Indonesia berada pada skala empat dan lima. Selain berdasarkan tipe kulit, terlalu sering terpapar sinar matahari membuat kulit menjadi lebih gelap, kusam dan timbul hiperpigmentasi.

Ketika seseorang masih muda atau remaja maka kondisi kulitnya paling bagus, yakni cerah, kencang, lembut dan halus. Namun, karena beberapa faktor maka kulit mulai mengalami perubahan menjadi kusam dan kendur yang disebut proses penuaan kulit.

Mendapatkan kulit yang cerah dan kencang, tidak harus selalu melakukan perawatan yang serba mahal. Anda bisa melakukan perawatan kulit yang murah meriah yang dimulai dari perawatan harian secara rutin. Beragam upaya bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penuaan kulit, antara lain:


Melakukan perawatan kulit secara baik dan benar seperti mencuci wajah secara rutin 2 kali sehari untuk jenis kulit normal dan 3-4 kali sehari untuk kulit berminyak, penggunaan pelembab atau moisturizer setiap hari dan pemakaian krim pagi dan krim malam secara rutin.
Melindungi kulit terhadap faktor-faktor penyebab penuaan kulit, seperti terhadap sinar ultraviolet dengan menggunakan sunblock atau tabir surya dan menghindari pajanan sinar matahari, menghindari udara kering dengan menggunakan pelembab, menghindari merokok dan alkohol, melakukan diet secara baik dan benar, serta mengobati penyakit sistemik yang diderita.
Memberikan suplemen vitamin dan mineral termasuk antioksidan.
Melakukan kegiatan olahraga, rekreasi, dan kerja seimbang agar proses metabolisme tubuh berjalan lancar.


Selain itu, berbagai cara juga dapat dilakukan untuk mengurangi gejala penuaan kulit, antara lain:


Peremajaan kulit (skin rejuvenation) yang dilakukan dengan menggunakan kosmetik atau obat topikal (dioles) maupun sistemik (diminum).
Pengobatan (skin therapy) dengan menggunakan berbagai metode sesuai dengan gejala yang ada. Misalnya, untuk pemutihan (skin bleaching), injeksi botox, dan hormone replacement therapy.
Tindakan khusus seperti laser resurfacing, mikrodermabrasi, facelift, mesoterapi, skin filler atau liposuction.


Demikianlah, menjadikan kulit cerah dan kencang dapat dimulai dari perawatan sehari-hari secara rutin. Baru kemudian dilanjutkan dengan perawatan menggunakan treatment-treatment modern untuk membuat kulit cerah dan kencang.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved