Ini Alasan Kenapa Anda Harus Minum Kopi Sekarang Juga

Tanggal: 13 Jul 2017 15:39 wib.
Inilah alasan lain untuk memulai hari dengan secangkir kopi: Para ilmuwan telah menemukan bahwa orang yang minum kopi tampaknya hidup lebih lama.

Minum kopi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah karena penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes, dan penyakit pernafasan dan ginjal untuk orang Afrika-Amerika, orang Jepang-Amerika, Latin dan kulit putih.

Orang yang mengonsumsi secangkir kopi sehari 12 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Hubungan ini bahkan lebih kuat lagi bagi mereka yang minum dua sampai tiga cangkir sehari ,18 persen mengurangi kemungkinan kematian.

Kematian yang lebih rendah ini hadir terlepas dari apakah orang minum kopi biasa atau kopi tanpa kafein, yang menunjukkan bahwa hubungan tersebut tidak terikat dengan kafein, kata Veronica W. Setiawan, penulis utama studi tersebut dan seorang profesor kedokteran pencegahan di Fakultas Kedokteran Keck USC.

"Kita tidak bisa mengatakan minum kopi akan memperpanjang hidup anda, tapi kita melihat sebuah asosiasi," kata Setiawan. "Jika anda suka minum kopi, minum! Jika anda bukan peminum kopi, anda perlu mempertimbangkan apakah anda harus memulai."

Penelitian yang akan dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine edisi 11 Juli ini menggunakan data dari Multiethnic Cohort Study, sebuah kolaborasi antara University of Hawaii Cancer Centre dan Keck School of Medicine.

Studi Multiethnic Cohort yang sedang berlangsung memiliki lebih dari 215.000 peserta dan dianggap studi dengan objek yang paling beragam secara etnik yang meneliti faktor risiko gaya hidup yang dapat menyebabkan kanker.

"Sampai sekarang, hanya sedikit data yang tersedia mengenai hubungan antara konsumsi kopi dan kematian pada orang kulit putih di Amerika Serikat dan di tempat lain," kata studi tersebut. "Penyelidikan semacam itu penting karena pola gaya hidup dan risiko penyakit dapat bervariasi secara substansial di seluruh latar belakang ras dan etnis, dan temuan dalam satu kelompok mungkin tidak berlaku untuk orang lain."

Karena asosiasi tersebut terlihat di empat etnis yang berbeda, Setiawan mengatakan bahwa aman untuk mengatakan hasilnya berlaku juga untuk kelompok lain.

"Studi ini adalah yang terbesar dari jenisnya dan termasuk minoritas yang memiliki gaya hidup sangat berbeda," kata Setiawan. "Melihat pola serupa di populasi yang berbeda memberi dukungan biologis yang lebih kuat terhadap argumen bahwa kopi bagus untuk anda apakah Anda berkulit putih, Afrika-Amerika, Latin atau Asia."

Penelitian sebelumnya oleh USC dan yang lainnya telah mengindikasikan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, diabetes, penyakit hati, penyakit Parkinson, diabetes tipe 2 dan penyakit kronis lainnya.

"Kopi mengandung banyak antioksidan dan senyawa fenolik yang berperan penting dalam pencegahan kanker," kata Setiawan. "Meskipun penelitian ini tidak menunjukkan sebab akibat atau menunjukkan bahan kimia apa di kopi yang mungkin memiliki efek obat mujarab ini, jelas bahwa kopi dapat dimasukkan ke dalam pola makan dan gaya hidup yang sehat."

Sekitar 62 persen orang Amerika minum kopi setiap hari, meningkat 5 persen dari tahun 2016, menurut laporan National Coffee Association.

Peneliti dari USC Norris Comprehensive Cancer Center menemukan bahwa minum kopi mengurangi risiko kanker kolorektal.

Dalam beberapa hal, kopi mendapatkan kembali kehormatannya untuk manfaat kesehatan. Setelah 25 tahun kopi dilabeli sebagai sebuah karsinogen yang terkait dengan kanker kandung kemih, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun lalu mengumumkan bahwa minum kopi mengurangi risiko kanker hati dan kanker rahim.

"Beberapa orang khawatir minum kopi bisa berdampak buruk bagi anda karena bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, pertumbuhan stunt atau menyebabkan sakit maag dan mulas," kata Setiawan. "Tapi penelitian tentang kopi sebagian besar tidak menunjukkan bahaya pada kesehatan masyarakat."

 

Sumber: sciencedaily.com
Copyright © Tampang.com
All rights reserved