Hasil Riset: Terdapat Empat Tipe Pengguna Facebook

Tanggal: 7 Jul 2017 00:25 wib.
Tampang.com - Baru-baru ini, salah satu universitas asal Amerika Serikat, yakni Universitas Brigham Young melakukan riset untuk mengidentifikasi tipe pengguna Facebook.

Dilansir dari Metro, Kamis 6 Juli 2017, Periset tersebut menyusun 48 pertanyaan yang dapat mengidentifikasi alasan dalam menggunakan Facebook.

Subjek diminta untuk mengurutkan pernyataan sesuai dengan hubungan pribadi mereka masing-masing, kemudian menilai pernyataan dalam skala dari 'paling mirip saya' menjadi 'paling tidak mirip saya'.

Setelah semua itu selesai, para periset mewawancarai masing-masing subjek untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai peringkat dan alasan di baliknya.

Semua data dan jawaban yang mereka terima difilter menjadi empat kategori pengguna Facebook yang didefinisikan: pembangun hubungan, penyebar berita, sang egois, dan sang pengamat.

1. Pembangun Hubungan

Pembangun hubungan menggunakan Facebook 'sebagai perpanjangan dari kehidupan nyata mereka, bersama keluarga dan teman kehidupan nyata mereka.'

Pada dasarnya, mereka memposting sesuatu, menanggapi posting orang lain, dan mengirim pesan dengan cara memperkuat hubungan yang ada di luar Facebook.

Orang-orang dalam kelompok ini sangat yakin dengan pernyataan seperti 'Facebook membantu saya untuk mengungkapkan cinta kepada keluarga saya dan membiarkan keluarga saya mengungkapkan cinta kepada saya.'

2. Penyebar Berita

Penyebar berita adalah orang-orang yang berbagi link ke berita, menyebutkan peristiwa besar, tapi tidak benar-benar melakukan update pribadi.

Semuanya tentang menyebarkan informasi daripada menggunakan Facebook sebagai alat sosial.

Itu tidak berarti mereka kehilangan teman. Jika mereka ingin mengupdate keluarga dan teman mereka, mereka melakukannya selain di Facebook.

3. Sang Egois

Mereka akan memposting gambar, status, video, atau apa pun, tapi tidak seperti pembangun hubungan, mereka lebih peduli tentang menyukai dan berkomentar daripada berhubungan dengan teman mereka.

Sang Egois menggunakan Facebook untuk mengelola citra mereka dan menyajikan versi yang "alim", bahkan jika versi yang itu tidak sesuai dengan kehidupan nyata.

Merekalah yang sangat kuat dengan pernyataan ini: 'Semakin banyak pemberitahuan alarm yang saya terima, semakin saya merasa diterima oleh rekan-rekan saya.'

4. Sang Pengamat

Orang-orang yang menggunakan Facebook untuk mengamati dan menonton, dengan leluasa melalui profil orang-orang untuk mendapatkan informasi tentang kehidupan berkencan dan melihat semua foto lama mereka.

Mereka tidak pernah update tentang apapun di Facebook.

Tipe manakah kalian?
Copyright © Tampang.com
All rights reserved