Gak Cocok dengan Pasangan? Pahami Gaya Keterikatan Ini!

Tanggal: 2 Jul 2017 08:45 wib.
Pernah dengar tentang teori keterikatan? Inilah teori yang menjelaskan jenis keterikatan apa yang kita bentuk dalam hubungan orang dewasa kita, terutama dengan pasangan romantis kita.

Beberapa hubungan memiliki gaya keterikatan yang kompatibel. Yang lainnya tidak begitu beruntung. Ketika Anda akhirnya berkencan dengan seseorang dengan gaya keterikatan yang berbeda, hal itu dapat menyebabkan semua jenis konflik dalam hubungan. Salah satu konflik ini bisa terjadi dalam beberapa waktu. Sebagai contoh, teori keterikatan menjelaskan bahwa beberapa orang berharap untuk menghabiskan seluruh waktu luang mereka bersama pasangan mereka. Orang lain, bagaimanapun, tidak ingin dan tidak perlu menghabiskan begitu banyak waktu dengan pasangan mereka. Perbedaan ini bisa menyebabkan perjuangan antara dua orang saat mereka mencoba menyepakati berapa banyak waktu untuk berinvestasi dalam hubungan tersebut.

Mengubah gaya keterikatan Anda adalah proses yang panjang dan sulit.

Anda pasti bisa mencoba mengubah gaya keterikatan khusus Anda, tapi itu adalah proses yang sangat panjang dan sulit. Menurut teori keterikatan, kita mengembangkan gaya keterikatan kita saat kita kecil. Biasanya berdasarkan hubungan yang kita miliki dengan orang tua kita.

Sebagai gantinya, kita akan membahas berbagai jenis gaya keterikatan dan kombinasi mana yang lebih baik untuk hubungan. Jika Anda dapat mengidentifikasi gaya keterikatan tepat Anda, Anda dapat menemukan pasangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini, tentu saja, adalah situasi yang ideal. Jika Anda sudah menjalin hubungan, bagaimanapun, dan kombinasi keterikatan Anda tidak begitu bagus, jangan khawatir! Masih ada harapan untukmu dan orang penting lainnya.

Empat Gaya Keterikatan

Teori keterikatan mengidentifikasi 4 jenis gaya, yakni:

Secure - Anda cenderung merasa aman dan dekat dengan pasangan Anda, sambil tetap menghormati independensi masing-masing orang.

Insecure Anxious - Anda cenderung merasa tidak bahagia dalam hubungan Anda dan terkadang bersikap posesif terhadap pasangan Anda. Anda sangat khawatir bahwa Anda akan kehilangan orang penting lainnya, siapa yang Anda andalkan demi kebahagiaan Anda.

Insecure Avoidant - Anda cenderung menempatkan jarak antara diri Anda dan pasangan Anda, melakukan segala kemungkinan untuk menghindari hubungan emosional. Pasangan Anda mungkin merasa bahwa Anda tidak peduli dengan hubungan itu.

Insecure Disorganised - Anda memiliki kesulitan untuk mempercayai orang lain dan mengalami berbagai ketakutan, termasuk: terlalu dekat dengan pasangan Anda atau terlalu jauh. Emosi Anda cenderung berubah dengan cepat, yang membuat Anda dalam keadaan kebingungan yang terus-menerus.
Setiap kombinasi keterikatan memiliki pandangan yang berbeda untuk hubungan tersebut.

Pandangan Positif

Jika salah satu orang memiliki gaya keterikatan secure, maka hubungan tersebut memiliki pandangan positif. Teori keterikatan mengatakan kepada kita bahwa orang dengan gaya keterikatan yang aman mampu memvalidasi kekhawatiran pasangannya. Mereka bahkan bisa membantu pasangan mereka yang kurang aman mengatasi ketidakamanan mereka.

Pandangan Menantang



Kombinasi si cemas + si cemas merupakan hal menantang. Orang dengan gaya keterikatan ini mampu membaca sedikit perubahan emosi dan tingkah laku. Kemampuan perseptif ini dikombinasikan dengan keresahan cemas mereka akibat melompat ke kesimpulan. Singkatnya, dua orang Insecure Anxious memiliki potensi untuk mengalami hubungan yang penuh dengan drama, kecemburuan, dan argumen. Hal yang sama terjadi pada kombinasi Insecure Disorganised + Insecure Disorganised.

Ketika seorang penghindar satu pasang dengan orang lain yang menghindari, akan ada sedikit komunikasi, yang mungkin tampak baik-baik saja pada awalnya karena keduanya tidak menuntut. Tapi seiring berjalannya waktu koneksi akan menjadi lebih lemah dan sulit untuk mempertahankan hubungannya.

Kombinasi Beracun


Jika kedua gaya keterikatan si cemas (anxious) dan si penghindar (avoidant), keadaan akan menjadi sulit. Anda mungkin harus menyiapkan diri secara mental untuk jenis masalah yang mungkin dibawa oleh kombinasi ini ke dalam hidup Anda. Jika Anda berpikir untuk masuk ke dalam percintaan ini, pikirkan lagi.

Menariknya, kedua jenis keterikatan ini sering digabung bersama. Itu karena mereka hampir saling melengkapi. Si cemas takut kehilangan pasangan mereka dan karena itu mereka menunggu si penghindar untuk memutuskan berkomitmen pada hubungan tersebut. Kombinasi ini memvalidasi perilaku si penghindar.

Karena gaya Insecure Disorganised adalah kombinasi dari tipe cemas dan tipe penghindar, saat sisi cemas muncul, itu akan menjadi bencana dengan tipe penghindar. Bila sisi penghindar muncul, konflik akan timbul dengan tipe cemas. Itulah sebabnya kedua orang yang merasa insecure disorganized + insecure avoidant dan insecure disorganized + insecure anxious tidak mungkin bekerja.

Jujurlah dengan diri Anda untuk mengenali gaya keterikatan Anda.

Untuk menemukan seseorang yang sesuai dengan gaya keterikatan Anda, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasinya. Pikirkan bagaimana reaksi Anda terhadap hal-hal yang dilakukan pasangan Anda.

Jika mereka mengatakan bahwa mereka akan menelepon pukul 6:00 sore dan mereka tidak menelepon sampai pukul 18.30, apakah Anda menghabiskan setengah jam itu untuk mengkhawatirkan kemungkinan kesalahan itu? Apakah Anda mulai merasa rentan atau berpikir bahwa Anda mungkin telah ditinggalkan? Jujurlah dengan diri Anda sendiri, Anda mungkin pernah tercengang atau memulai argumen dengan pasangan Anda. Terdengar akrab Anda mungkin tipe insecure anxious.

Pikirkan bagaimana perasaan Anda setelah Anda menghabiskan banyak waktu dengan orang penting lainnya. Apakah Anda perlu waktu untuk diri sendiri? Atau mungkin Anda merasa berada dalam hubungan jangka panjang berarti Anda akan kehilangan identitas atau kemandirian Anda. Jika ini terdengar seperti Anda, Anda bisa memiliki tipe keterikatan insecure avoidant.

Amati perilaku pasangan Anda untuk mengetahui gaya keterikatan mereka.

Kelihatannya lebih sulit untuk mengidentifikasi gaya keterikatan Anda yang signifikan, tapi bukan tidak mungkin. Anda mungkin tidak tahu persis bagaimana perasaan mereka secara internal, tapi Anda bisa mengamati perilaku mereka. Pikirkan bagaimana mereka bereaksi terhadap kekhawatiran Anda. Jika Anda mengalami hari yang buruk dan Anda pulang untuk membicarakannya, apa yang mereka katakan? Apakah Anda merasa diabaikan, seperti mereka tidak tertarik? Mereka mungkin memiliki gaya keterikatan insecure avoidant.

Apa yang terjadi saat kamu terlambat berkencan? Jika mereka mulai mengirim teks setelah hanya 3 menit untuk menanyakan apakah Anda masih datang, mereka mungkin tipe yang cemas.

Tidak ada hubungan yang sempurna dan tentunya tidak ada hubungan yang pasti gagal hanya karena gaya keterikatan. Dengan memahami gaya keterikatan seseorang dan pasangan pasangan Anda, Anda dapat membuat kemajuan nyata untuk memastikan kebahagiaan masa depan Anda bersama.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved