Begini Cara Menggunakan Masker Kunyit Alami yang Benar di Rumah

Tanggal: 28 Feb 2023 16:02 wib.
Mudah dijumpai di dapur membuat banyak orang sering memanfaatkan kunyit untuk beragam keperluan. Selain sebagai bumbu untuk masakan, kunyit ini pun juga punya banyak manfaat untuk perawatan wajah. Ini karena kunyit mengandung senyawa bernama kurkumin yang bersifat antioksidan serta anti radang. Senyawa itu pun memberikan khasiat tersendiri saat diaplikasikan ke wajah sebagai masker alami. Lantas apa saja manfaat masker wajah dari kunyit alami ini?


Membuat Wajah Lebih Cerah


Manfaat pertama dari kurkumin yang terkandung di dalam kunyit ini adalah dapat membuat wajah menjadi lebih cerah. Ini karena kurkumin dapat menghambat aktivitas enzim yang merangsang produksi melanin atau pewarna kulit alami. Di sisi lain, kurkumin juga akan menekan pembentukan melanin pada sel permukaan kulit. Namun, kedua fungsi kurkumin tersebut sama-sama dapat membantu mencerahkan kulit, sehingga kulit wajah tak lagi terlihat kusam.


Mengurangi Tanda Penuaan


Bertambahnya usia memang tak bisa dihindari, tetapi proses penuaan dini sebenarnya masih bisa dicegah. Salah satunya dengan rutin menggunakan masker wajah dari kunyit alami. Kandungan kurkumin dalam kunyit dengan sifat antioksidannya dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV B. Sinar tersebut diketahui dapat menyebabkan kulit kering, berkerut dan memunculkan noda hitam. Ketiganya merupakan tanda-tanda terjadinya penuaan pada kulit.


Meredakan Masalah Jerawat


Kandungan kurkumin di dalam kunyit juga memiliki sifat anti mikroba dan anti radang atau anti inflamasi. Sifat anti mikroba ini dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, yaitu P acnes. Sementara sifat anti radang dari kurkumin dalam kunyit dapat membantu mengurangi kulit kemerahan, nyeri dan gatal saat wajah berjerawat. Terutama jerawat pasir atau bruntusan, yaitu jerawat yang berupa benjolan kecil dalam jumlah banyak dan merata.


Menyamarkan Noda Bekas Jerawat


Di samping dapat membantu meredakan jerawat, kurkumin yang bersifat antioksidan juga dapat mengurangi paparan radikal bebas di kulit akibat jerawat. Hasilnya, noda hitam bekas jerawat dapat perlahan-lahan menghilang saat menggunakan masker kunyit alami pada wajah secara rutin.

Cara Menggunakan Kunyit Sebagai Masker Wajah

Setelah mengetahui beberapa manfaat kunyit bagi wajah, barulah mulai memahami cara membuat masker wajah dari kunyit alami yang benar di rumah. Untuk memudahkan prosesnya, bisa menggunakan kunyit alami yang sudah dikeringkan dalam bentuk bubuk.

Kunyit bubuk alami ini bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Campurkan bubuk kunyit tadi dengan air matang sampai teksturnya mengental seperti pasta. Oleskan pasta kunyit tadi ke wajah. Biarkan kira-kira sekitar 15 menit. Kemudian, bilas wajah dengan air biasa sampai bersih.

Jika baru pertama kali menggunakan masker kunyit ini, lakukan tes alergi sederhana untuk mengetahui apakah kulitmu alergi kunyit atau tidak. Caranya oleskan kunyit pada bagian lengan atau siku dua kali sehari selama 7-10 hari.

Biarkan kunyit menempel selama mungkin dalam sehari. Bila tak terjadi reaksi kulit yang muncul setelah 7-10 hari, masker wajah dari kunyit alami ini bisa digunakan. Sementara jika muncul reaksi alergi selama pengujian sederhana ini, segera bersihkan kulit dan jangan diaplikasikan di wajah.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved