Apakah Mengkonsumsi Coklat Bagus Untuk Kulit Kita?

Tanggal: 5 Okt 2017 19:43 wib.
Mengandung penuh antioksidan, cokelat semakin mendapat tempat di antara lingkaran makanan-makanan sehat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa coklat dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang merusak, walaupun tidak semua peneliti sependapat.

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi coklat dalam jumlah sedang - terutama coklat hitam - bagus untuk kesehatan usus, kadar kolesterol, dan otak kita. Bahkan bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Manfaat kesehatan coklat dianggap karena tingginya kadar antioksidan yang ditemukan di salah satu makanan favorit di negara ini.

Tapi bagaimana dengan kesehatan kulit kita? Bisakah coklat mencegah penuaan kulit, terbakar sinar matahari, dan bahkan mungkin kanker kulit?

Terlalu banyak sinar matahari menyebabkan kebanyakan orang terbakar sinar matahari. Namun, paparan sinar matahari yang berlebihan juga merupakan penyumbang utama kanker kulit dan penuaan kulit.

Mungkinkah coklat, dengan tingkat antioksidannya yang tinggi, melindungi kita dari sinar ultraviolet yang merusak sinar matahari? Beberapa percaya bahwa itu berfungsi.

Kacang kakao mentah memiliki kadar flavanol yang sangat tinggi, sejenis antioksidan. Tapi sebagian besar hilang saat proses yang mengubah kacang menjadi coklat yang kita kenal dan cintai.

Yang sedang berkata, produsen coklat sekarang bereksperimen dengan proses baru yang menjaga tingkat antioksidan yang lebih tinggi.

Sebuah studi yang dipimpin oleh Prof. Wilhelm Stahl - dari Institute for Biochemistry and Molecular Biology di Heinrich Heine University di Düsseldorf, Jerman - dan rekan menyelidiki apakah tingkat antioksidan yang lebih tinggi pada coklat dapat memperbaiki kemampuan kulit untuk menahan kerusakan akibat radiasi UV.

Untuk penelitian tersebut, 24 wanita mengkonsumsi minuman coklat yang mengandung 27 miligram flavanols (coklat normal) atau 329 miligram (antioksidan tinggi) setiap pagi selama 12 minggu.

Prof. Stahl menemukan bahwa kulit peserta yang telah mengkonsumsi minuman cokelat oksidan tinggi tidak menjadi merah saat terkena radiasi UV dosis terkontrol.

Untuk mempelajari lebih lanjut efek coklat antioksidan tinggi, Dr. Stefanie Williams - dari Cosmetic Science Group di London University of the Arts di Inggris - dan rekannya melakukan penelitian dengan 30 peserta.

 

Para sukarelawan makan 20 gram antioksidan atau coklat standar setiap hari selama 12 minggu. Cokelat antioksidan tinggi mengandung lebih dari 600 miligram flavanol per porsi, sedangkan coklat normal memiliki kurang dari 30 miligram flavanol.

Apa yang penulis temukan berkorelasi dengan hasil Prof. Stahl; Kulit para peserta yang telah makan coklat antioksidan tinggi tidak begitu sensitif terhadap kerusakan UV.

Namun, penelitian klinis terbaru oleh Dr. Sylvie Dodin - seorang profesor di Departemen Obstetri dan Ginekologi di St. François d'Assise Hopital, Université Laval di Quebec, Kanada - dan rekan-rekannya tidak melihat efek yang sama.

Untuk penelitian mereka, Dr. Dodin dan timnya menggunakan coklat antioksidan tinggi yang sama dengan yang digunakan Dr. Williams untuk penelitiannya. Tapi daripada mengonsumsi 20 gram coklat dalam satu porsi setiap hari, 74 wanita yang ikut serta dalam penelitian tersebut mengonsumsi 10 gram coklat tiga kali per hari selama 12 minggu.

Namun, bertentangan dengan temuan Prof. Stahl dan Dr. Williams, konsumsi coklat antioksidan tinggi tidak memiliki efek perlindungan pada peserta.

Satu perbedaan yang penulis catat adalah bahwa elastisitas kulit, atau kelenturan, meningkat pada kelompok coklat antioksidan tinggi.

Jadi, kita masih belum mengetahui apakah coklat itu adalah obat mujarab untuk mencegah kerusakan kulit UV.

Sementara banyak yang diketahui tentang manfaat coklat pada kesehatan kardiovaskular, otak, dan usus, bidang penelitian kulit masih dalam tahap awal ketika sampai pada efek coklat.

Untuk saat ini, mungkin lebih baik mengandalkan bentuk perlindungan kulit lainnya dan cukup menikmati cokelat sebagai bagian dari makanan seimbang dan menyehatkan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved