7 Tips Ini Bantu Tubuh Kamu Tak Mudah Sakit

Tanggal: 21 Sep 2017 06:48 wib.
Tampang.com - Setiap orang memang memiliki daya tahan yang berbeda-beda. Ada yang mudah sekali diserang berbagai penyakit musiman seperti batuk dan pilek, ada juga yang sulit sekali untuk sakit.

 

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan sehat, sehingga membuat tubuh tak mudah sakit. Berikut 7 hal yang dapat jaga tubuh kamu tetap sehat.

 

1. Mandi air dingin

Banyak ahli mengatakan, mandi air dingin bisa membantu mengatasi rasa sakit dan migrain. Kamu dapat mencobanya dalam cuaca hangat dan pastikan membasahi tubuh bagian bawah terlebih dulu. Namun, jika kamu pasien jantung, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mencoba mandi air dingin yang tiba-tiba bisa memiringkan tekanan darah.

2. Cuci tangan lebih sering dan lama

Jika kamu mencuci tangan kurang dari tujuh kali sehari, kamu tidak memenuhi persyaratan kebersihan dasar. Di Amerika, mencuci tangan dikatakan cara terbaik untuk mencegah satu miliar pil setiap tahun. Maka, yang perlu diingat yaitu kamu harus mencuci tangan setidaknya selama 20 detik setiap saat, sambil memastikan kamu telah mengeluarkan kotoran yang terperangkap di kuku jari. Lalu keringkan dengan handuk bersih setiap kali dicuci.

3. Konsumsi jahe

Masukkan jahe ke dalam makanan kamu, karena jahe dikatakan sebagai ramuan ajaib yang membantu banyak masalah gastrointestinal. Hal ini baik untuk pencernaan, mengencangkan otot usus dan membantu makanan lebih baik bergerak melalui saluran pencernaan. Sertakan pula dalam teh, atau sebagai bumbu makanan.

4. Vitamin C dan Zinc

Dikutip dari timesofindia, ada banyak penelitian yang kontradiktif mengenai dua hal tersebut. Tapi, penelitian telah membuktikan mengonsumsi vitamin C melalui diet atau suplemen dapat membantu ketahanan tubuh kamu.

Namun, pastikan kamu tidak mengonsumsi lebih dari 2.000 mg vitamin dalam sehari, karena hal itu dapat membahayakan ginjal atau menyebabkan masalah gastrointestinal. Demikian pula, untuk Zinc atau senga. Zinc juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh jika kamu memasukkannya dalam makanan.

5. Bawang putih atau ekstrak bawang putih

Bawang putih merupakan sumber antioksidan yang sangat bagus. Ini membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan sangat efektif dalam melawan peradangan. Selain itu, juga telah terbukti memiliki sifat yang membantu dalam memerangi penyakit sehari-hari bahkan sampai kanker sekalipun. Namun jika kamu tidak terlalu menyukai bau bawang putih atau akan bersendawa asam setelah kamu mengonsumsinya, maka alternatifnya, ganti dengan ekstrak bawang putih. Ini lebih baik daripada bawang putih segar bila menyangkut jumlah senyawa kuat di dalamnya.

6. Pijat

Pijat sangat membantu dalam menenangkan otot, melepaskan ketegangan dan stres, meningkatkan tekanan darah dan menormalkan detak jantung. Mengurangi tingkat stres berarti kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

7. Tetap optimistis

Studi menunjukkan, orang yang mendapat antibodi produksi lebih positif dapat melawan flu lebih banyak daripada yang tidak. Cobalah untuk tetap optimis, dan tekankan pada diri sendiri jika kamu tidak akan terkena penyakit di musim ini atau bulan ini.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved