6 Tanda Ini Mungkin Tanda Awal Kamu Mulai Kelelahan

Tanggal: 2 Sep 2017 07:51 wib.
Tampang.com - Kelelahan akibat stres dan keletihan, jika terjadi dalam jangka waktu yang lama, pastinya mengganggu kesehatan.

 

Kelelahan pada tubuh terjadi karena seseeorang kelebihan beban yang ditanggung baik oleh pikiran maupun tubuh. Terkadang keletihan semacam ini digambarkan sebagai sindrom overachievers.

 

Orang-orang dengan penyakit ini mengalami kerusakan total yang mencakup kelelahan emosional, kognitif, dan fisik.

Sekalinya mengalami kelelahan, untuk mengembalikan pada kondisi awal dibutuhkan waktu yang tidak sedikit serta membutuhkan perawatan ekstensif.

Kelelahan menyebabkan seseorang menjadi mudah tersinggung, antisosial, konfrontatif, dan umumnya menjadi menantang saat bergaul. Hal ini secara alami mempengaruhi hubungan individu dengan anggota keluarga dekat, teman, dan kolega.

Dilansir dari laman Jobstreet, ada beberapa tanda bahwa kamu telah mengalami awal dari kelelahan. Seperti berikut.

1. Negativitas sering terjadi

Biasanya kamu bakal merasa keputusasaan tanpa harapan, seolah apa yang kamu lakukan tak penting, juga disertai dengan pandangan yang pesimis. Perasaan negatif lainnya meliputi sinisme, frustrasi, kelalaian, dan kekecewaan.

Memang wajar saja, jika kita mengalami hal yang buruk. Namun, jika kamu menganggap diri kamu terlalu mudah tersinggung dengan jangka waktu lama, itu mungkin pertanda kamu mulai kelelahan.

2. Kelelahan yang terus-menerus

Bentuk kelelalahan dapat bersifat fisik, mental, dan emosional. Jika kamu merasa lelah sepanjang hari mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur, artinya ada sesuatu yang tidak benar pada diri kamu.

Kelelahan mental dan emosional sama buruknya dengan kelelahan fisik, jadi jangan hanya mengabaikannya dan berharap dapat hilang dengan sendirinya.

Kamu mungkin dapat tidur 8 jam seperti yang biasa kamu lakukan, tapi jika pikiran kamu menolak untuk beristirahat, kamu akan terbangun dengan perasaan seolah-olah kamu belum tidur sedetik pun.

3. Apatis dan tidak peduli terhadap pekerjaan

Apakah kamu merasa muak dan takut bekerja setiap pagi, tidak seperti sebelumnya saat kamu menantikannya? Sudahkah kamu meminta rekan kamu berkomentar tentang perubahan sikap kamu terhadap pekerjaan kamu?

4. Stres yang menyebabkan penyakit

Saat kita mengalami stress, sistem kekebalan tubuh kita melemah, sehingga memudahkan terkena penyakit. Jika kamu merasa sakit tanpa alasan yang jelas, mungkin karena hal ini.

5. Penundaan yang berlebihan

Apakah kamu mulai menunda-nunda pekerjaan lebih sering di pekerjaan kamu, meskipun hal tersebut adalah hal yang sangat mudah dilakukan?

Semua orang menunda-satu atau lain waktu, tapi jika kamu tampaknya selalu menyeret kaki kamu saat berhadapan dengan setiap tugas kecil yang harus kamu kerjakan, kamu mungkin sedang mengalami proses menuju kelelahan.

6. Stagnasi

Apakah kamu benar-benar sibuk dengan pekerjaan tapi merasa terjebak dalam rutinitas? Apakah kamu merasa seolah-olah apa pun dilakukan tidak cukup baik, dan tidak membantu kamu tumbuh ke arah yang benar? Jika kamu menjawab ya untuk keduanya, kamu tentu butuh istirahat. Kamu harus bisa merasakan beberapa tingkat prestasi setiap kali kamu menyelesaikan tugas atau proyek.

Kapan terakhir kali kamu mengambil cuti atau pergi berlibur? Jika kamu tidak ingat, itu pertanda buruk yang berarti bahwa kamu mungkin memerlukannya.

Pekerjaan itu penting, tapi tidak lebih penting dari kesehatan kamu. Jangan terus mengikuti pemikiran yang keliru bahwa menjadi seorang gila kerja adalah sesuatu yang bisa dibanggakan; sebenarnya tidak.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved