6 Kebiasaan Buruk Merawat Kulit yang Bikin Kulit Tampak Tua

Tanggal: 21 Des 2017 12:28 wib.
Perawatan untuk mendapatkan kulit idaman sangat perlu dilakukan setiap hari. Banyak wanita yang ingin tampak awet muda walaupun usianya sudah memasuki kepala 3. Tak jarang mereka sampai rela merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkan kulit yang tampak awet muda. Namun kulit yang segar dan muda tidak akan didapatkan jika mengabaikan perawatan yang benar. Ada beberapa kebiasaan buruk yang wajib dihindari jika tidak ingin kulit cepat menua sebelum usia 30 tahun :

1. Hanya menggunakan 1 kali krim tabir surya setiap hari

Krim tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV. Krim tabir surya sangat dibutuhkan kulit terutama saat tinggal di negara beriklim tropis dan berada di luar ruangan seharian. Penggunaan tabir surya tidak cukup dioleskan sekali satu hari tapi harus setiap dua jam sekali untuk perlindungan maksimal terhadap paparan sinar matahari. Sinar matahari berlebihan dapat menyebabakan penuaan dini dan kanker kulit.

2. Kurang tidur

Kulit perlu istirahat dan melakukan proses regenrasi saat tidur. Setelah seharian terpapar sinar matahari, polusi, debu maka kulit perlu melakukan proses regenerasi agar kondisi kulit tidak semakin buruk dan cepat mengalami penuaan.

3. Tidak menghapus make up saat tidur

Proses regenerasi kulit tidak akan maksimal jika kulit masih tertutup oleh sisa make up dan kotoran. Make up yang masih menempel pada kulit saat tidur akan menyumbat pori-pori dan akan menyebabkan jerawat serta keriput muncul lebih cepat bahkan hingga kulit mengalami iritasi.

4. Tidak pernah melakukan pengelupasan kulit

Semakin bertambahnya usia maka semakin banyak pula sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit. Maka harus dilakukan proses eksfoliasi atau pengelupasan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk dan membuat wajah tampak kusam. Lakukan eksfoliasi secara rutin minimal dua kali dalam seminggu pada malam hari.

5. Memakai kuas makeup yang tidak pernah dibersihkan

Kuas makeup yang jarang dibersihkan maka akan banyak sekali bakteri atau kotoran yang bersarang pada kuas dan jika kuas itu terus digunakan menempel pada kulit wajah maka bakteri akan pindah ke kulit dan pastinya membuat kulit tidak sehat mengalami banyak masalah kulit.

6. Terlalu banyak makan makanan manis

Makanan manis mengandung gula yang tinggi akan merusak gigi dan juga menyebabkan masalah kulit. Makanan manis seperti cokelat atau permen yang dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan jerawat dan mempercepat penuaan. Sebaiknya perbanyak konsumsi sayur dan busah untuk menjaga kulit agar tetap sehat.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved