5 Cara Agar Buku Kamu Terawat dengan Baik

Tanggal: 23 Agu 2017 20:39 wib.
Tampang.com - Buku adalah jendela dunia. Maka sepatutnya, jika kamu memang hobi membaca buku, memeliharanya adalah salah satu keharusan.

Memelihara buku dalam jumlah banyak bisa menjadi tugas yang berat. Buku-buku lama bisa menarik perhatian serangga seperti ngengat yang makanan utamanya adalah kertas lapuk.

Untuk buku lama, rawatlah dengan mengubah susunan buku dari waktu ke waktu dan sesekali biarkan terkena sinar matahari.

Buku butuh tempat untuk 'bernapas'. Seiring waktu, kertas dalam buku cenderung menjadi lengket dan basah karena kelembapan di dalam ruangan atau bila tidak ada celah di antara buku. Akibatnya, tulisan perlahan memudar dan halaman akan mudah robek.

Berikut beberapa cara, agar buku kamu awet dan tidak rusak.

1. Menyampul buku

Dengan memberi sampul buku dengan plastik bebas asam atau plastik tahan sinar ultraviolet, buku-buku kamu dijamin akan awet dalam jangka waktu yang lama.

2. Bersihkan dengan sikat halus

Selain memberi sampul, kamu juga dapat merawat buku-buku favorit kamu dengan membersihkan buku dari debu setiap 6 bulan sekali.

Gunakan sikat halus untuk menghilangkan debu tebal pada buku lama, dan sikat yang lebih lembut untuk kertas di dalamnya.

3. Beri jarak antar buku

Hal penting untuk tidak terlalu lama menaruh buku terlalu rapat di rak. Apabila terlalu lama, buku akan rentan tergores karena gesekan saat kamu mencoba mengeluarkannya ketika ingin membacanya.

Cara terbaik untuk merawat buku adalah dengan menyediakan jarak atau memberi celah di antara buku untuk menangkal lembap.

4. Sedia ruang penyimpanan

Tempat menyimpan buku itu penting. Bila terlalu banyak sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan dan terpapar ke koleksi buku Anda, itu akan membuat kertasnya menjadi kaku. Kondisi juga akan memudarkan tulisan di sampul buku.
 
5. Bersihkan jamur

Jika buku Anda berjamur karena lembap, bersihkan dengan lembut dan hati-hati. Gosok bagian yang berjamur dengan lap kering, dan saat selesai simpan buku-buku lama di bawah sinar matahari selama 45 menit.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved