3 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Picu Bobot Bertambah

Tanggal: 15 Sep 2017 11:12 wib.
Tampang.com - Hingga saat ini, sepertinya berat badan masih menjadi masalah yang dihadapi banyak orang. Mereka biasanya tidak menyadari hal-hal apa yang menciptakan berat badan meningkat.

 

Makanan, gaya hidup bahkan hingga stress merupakan sebagian faktor yang berpengaruh besar terhadap bertambahnya berat badan. Namun terkadang bisa saja seseorang mengalami berat badan meski melakukan olahraga teratur dan diet ketat.

 

Dengan data ini, berarti terdapat faktor lain yang mampu pengaruhi berat badan. Salah satunya adalah kebiasaan pada pagi hari. Seperti dilansir dari Brightside, berikut 3 kebiasaan pagi yang picu berat badan.

1. Terlalu Banyak Tidur

Kurang tidur bisa menyebabkan berkurangnya konsentrasi dan badan terasa lemas. Namun terlalu banyak tidur juga memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Studi yang dilakukan oleh PLoS One Jurnal menyatakan, tidur lebih dari 10 jam dapat menyebabkan indeks massa tubuh menjadi lebih tinggi. Oleh karenanya tidur yang cukup berkisar antara 7-9 jam saja.

2. Menghindari Sinar Matahari Pagi

Saat matahari mulai terbit namun mata terasa begitu mengantuk, biasanya kita akan malas untuk membuka tirai jendela kamar. Meski sepele ternyata kebiasaan tersbeut berpengaruh terhadap naiknya berat bedan.

Studi dalam jurnal PLOS One menemukan jika cahaya matahari pagi mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat kamu mudah terbangun. Bahkan hanya 20 sampai 30 menit saja sudah cukup mempengaruhi indeks massa tubuh.

3. Makan Sarapan Terlalu Sedikit

Tidak selamanya makan sedikit itu efektif untuk meredam berat badan. Makan terlalu sedikit saat sarapan justru akan berisiko menambah berat badan.

Para peneliti dari Tel Aviv University mengklaim jika orang harus memanjakan diri dengan makanan lezat di pagi hari. Bahkan sarapan seimbang yang mengandung 600 kalori yang terdiri dari protein, karbohidrat dan makanan penutup baik untuk tubuh. Sebab pagi menjadi awal seseorang memulai hari dan membutuhkan tenaga yang banyak.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved