3 Cara Ini Bantu Ringankan Nyeri Pasca Olahraga

Tanggal: 28 Agu 2017 21:39 wib.
Tampang.com - Setelah melakukan olahraga berat, biasanya orang yang tak biasa berolahraga sering merasakan nyeri setelahnya.

Kondisi ini dapat muncul setelah sehari sampai tiga hari pascalatihan, atau yang dikenal dengan Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS).

Dilansir dari laman Men's Fitness, ada beberapa solusi yang dapat kamu lakukan, untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Berikut beberapa solusinya.

1. Jus ceri

Hasil studi yang diterbitkan di Scandinavian Journal of Medicine dan Science in Sports pada 2010 mengungkapkan bahwa jus ceri dapat menjadi pilihan untuk memulihkan nyeri otot pasca latihan.

Kandungan antioksidan yang ditemukan dalam ceri yang disebut antosianin, mampu bekerja efektif mengurangi peradangan.

2. Kopi

Sebelum berolahraga, studi menyarankan untuk meminum dua gelas kopi untuk kurangi nyeri otot dan kelelahan.

"Jika Anda tidak ada kontraindikasi medis terhadap penggunaan kafein, saya merekomendasikan dua cangkir kopi sebelum berolahraga," kata Ann Kulze, M.D., penulis seri Eat Right for Life terlaris.

3. Kompres es batu

Mandi air hangat setelah olahraga memang membuat rileks, namun menurut Joseph Bosco, M.D., juru bicara American Academy of Orthopedic Surgeons (AAOS), penggunaan es batu lebih efektif menenangkan nyeri otot pasca latihan.

"Mandi air panas akan memberikan relaksasi secara keseluruhan juga bertindak sebagai pereda nyeri ringan, namun lapisan es justru lebih mampu mencegah kerusakan otot dan mempercepat penyembuhan nyeri," kata Bosco.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved