11 Kegiatan yang biasa Dilakukan orang Menjelang Berbuka Puasa

Tanggal: 17 Mei 2017 20:46 wib.
Tampang.com- Bulan Ramadhan atau puasa tinggal sepekan lagi, hampir semua umat islam khususnya di Indonesia mempersiapkan diri baik persiapan fisik maupun batin menyambut datangnya bulan yang suci ini. Setiap bulan Ramadhan banyak masyarakat yang ketika menjelang waktu berbuka puasa melakukan kegiatan-kegiatan untuk menanti waktu berbuka puasa ( kata orang sunda : Ngabuburit, orang Cirebon : Nyenyore ).

Berikut ini beberapa kegiatan yang biasa dilakukan orang menjelang waktu berbuka puasa :


Membaca Al Qur'an atau Tadharus baik dilakukan dirumah atau di masjid. Kegiatan membaca Al Qur'an ( Tadharus) ini menjadi kegiatan yang rutin dilakukan, biasanya dilakukan setelah sholat taraweh.




     2. Mendengarkan ceramah di masjid atau musholla, kegiatan ini biasanya dilanjutkan dengan acara berbuka            puasa bersama.



3. Mencari makanan untuk berbuka puasa atau takjilan.



4. Memasak dan mempersiapkan hidangan berbuka puasa dirumah, kegiatan ini biasanya dilakukan oleh ibu-ibu       rumah tangga.



5. Jalan-jalan ke pusat keramaian, kegiatan ini biasanya dilakukan anak-anak muda sambil menunggu waktu           berbuka puasa.



6. Menonton Televisi dirumah, biasanya dilakukan bagi mereka yang merasa malas untuk keluar rumah.                 Menonton acara dakwah menjelang berbuka puasa biasanya banyak ditayangkan stasiun TV.



7. Membaca buku, baik itu Novel, komik atau buku pelajaran.



8. Ngobrol bareng sambil tunggu waktu berbuka,kegiatan ini biasanya dilakukan untuk berbuka puasa bersama.



9. Berolah raga ringan, ini biasanya dilakukan mereka yang sudah biasa berolah raga di bulan biasa. Mereka           tetap melakukan olah raga sambil menunggu waktu berbuka.



10. Bermain hand phone baik game maupun komunikasi dengan teman atau saudara.



11. Bersih-bersih rumah dan halaman, biasanya dilakukan ibu-ibu sebelum menyiapkan hidangan untuk berbuka         puasa keluarga.



Nah..ini 11 kegiatan yang biasa dilakukan oleh kita saat menunggu waktu berbuka puasa. Kamu biasanya yang mana...?

 

 

 

 

 

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved