Pesan Jokowi, Hati – Hati dengan Rentenir

Tanggal: 14 Mar 2018 21:06 wib.
Tampang.com – Sebagai seorang Presiden, Jokowi dikenal sebagai sosok yang merakyat dan tidak segan untuk membaur dengan masyarakat. Hari ini, Jokowi diberi kesempatan untuk bersilaturahmi dengan masyarakat pada saat mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Syekh Nawawi Al-bantani, Tanara, Kabupaten Serang. Pada kunjungannya ini, ia mengenakan sarung dan peci.

Dalam kunjungan ini, ia diberi kesempatan untuk bertemu dengan ibu – ibu pengajian dan masyarakat. Kunjungan yang dilakukan dalam rangka peresmian Bank Wakaf Mikro, Koperasi Mitra Santri nasional (KMSN) dan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Umat (LPEU) di Ponpes milik KH. Ma’ruf Amien.

“Ya silaturahmi, kemudian mau apa lagi, mau masuk ke Bank Wakaf Mikro? Udah masuk? Udah dapat pinjaman?” tanya Jokowi.

Ibu – ibu dengan kompak menjawab bahwa kini mereka telah mendapatkan bantuan sebesar Rp 1 juta.

Uang tersebut digunakan oleh masyarakat untuk usaha yang produktif. Dari mereka ada yang menggunakan uang tersebut untuk menjual sembako, gorengan, nasi uduk dan juga bakso.

“Saya titip, ibu – ibu jangan terjebak ke rentenir, karena bunga di sana (rentenir) tinggi sekali,” jelasnya.

Dalam upaya melawan rentenir ini, pemerintah telah membuat suatu program Bank Wakaf Mikro yang pendiriannya dibangun oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tentu harapannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat bawah.

“Kalau sudah kembali, bisa dipinjamkan lagi, bisa naik Rp 2 juta, bisa ke Rp 3 juta. Kalau dulu warungnya satu, bisa jadi dua,” jelasnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved