Perekonomian Jepang Menyusut Pada Kuartal Pertama

Tanggal: 17 Mei 2018 14:57 wib.
Perekonomian Jepang menyusut, setelah delapan kuartal pertumbuhan positif.

Menurut Kantor Kabinet Tokyo pada hari Rabu, PDB Jepang menyusut dengan tingkat tahunan sebesar 0,6 persen pada kuartal pertama 2018, Yomiuri Shimbun melaporkan.

Data jatuh pendek dari harapan untuk kontraksi tahunan sebesar 0,2 persen, menurut BBC.

Beberapa masalah berkontribusi pada pertumbuhan negatif, termasuk belanja konsumen yang lambat, yang menyumbang 60 persen dari PDB.

Investasi modal turun untuk pertama kalinya dalam enam kuartal dan investasi perumahan turun 2,1 persen.

Angka-angka itu tidak mengecilkan tanda-tanda, menurut pejabat pemerintah Jepang.

"Pengeluaran konsumen datar karena faktor sementara dan juga karena pengurangan mundur dalam pengeluaran pada smartphone setelah peningkatan kuartal sebelumnya," kata Toshimitsu Motegi yang bertanggung jawab atas revitalisasi ekonomi. "Ketika kejatuhan terjadi setelah delapan kuartal berturut-turut pertumbuhan, saya belum mengubah pandangan saya bahwa ekonomi telah berangsur pulih."

Tapi Motegi juga mengatakan Jepang perlu memperhatikan "ketidakpastian ekonomi luar negeri dan volatilitas pasar."

Para ekonom mengatakan ekspor Jepang, termasuk elektronik, kurang diminati dan berkontribusi pada pertumbuhan yang lamban.

"Secara global, item yang berhubungan dengan IT telah berada dalam fase penyesuaian, yang menekan ekspor Jepang dan output pabrik," kata Yoshimasa Maruyama, analis di SMBC Nikko Securities.

"Perekonomian tidak mungkin melanjutkan kontraksi lebih lanjut. Perekonomian global berkinerja baik dan yen diperdagangkan melampaui 110 yen terhadap dolar, sehingga setelah ekspor mulai tumbuh lagi, ekonomi akan kembali ke jalur pertumbuhan moderat."

Harapannya adalah ekonomi Jepang akan memasuki tahap penting untuk mencapai "siklus ekonomi yang baik" di mana kinerja perusahaan yang lebih baik akan mengarah pada kenaikan upah, menurut Yomiuri.

Perdana Menteri Jepang Abe telah mempelopori revitalisasi ekonomi Jepang dengan reflation, pelonggaran moneter, dan reformasi struktural.

Kebijakan tersebut telah dikreditkan untuk pemulihan Jepang baru-baru ini.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved