Pahami Konsep dan Kisi – Kisi dalam Ujian Soal Matematika

Tanggal: 30 Jan 2018 17:10 wib.
 

Soal ujian matematika diidentikkan dengan mata pelajaran yang sulit. Namun sebenarnya soal matematika tidak sulit jila siswa sudh paham dengan konsepnya.

Apakah benar soal matematika pada saat unas itu sulit?

Menurut salah satu dosen Matematika Universitas Negeri Surabaya, mata pelajaran matematika itu tidak sesulit itu. Karena mungkin selalu identik dengan rumus dan hitung – hitungan, maka siswa selalu menganggap matematika itu sulit.

Para siswa harus memahami dulu konsep dari soal matematika. Alu dari mana konsep itu, ya matematika yang sudah dipelajari dari kelas sebelumnya.

Biasanya soal apa saja yang dibahas pada saat Unas?

Dalam soal unas, memang ada levesnya, ada yang mudah, ada yang sedang, ada tingkat yang sulit. Jadi sudah ada tingkatan masing – masing. Dalam soal Unas ada tiga level yang berhubungan kognitif siswa. Antara lain pengetahuan, aplikasi, dan penalaran, namun level ini biasanya ada pada saat tes menuju ke jenjang perguruan tinggi, semua materi masuk namun sudah diatur porsinya.

Yang sering membuat siswa kesulitan mengerjakan soal metematika pada meteri apa?

Sejauh ini siswa selalu kesulitan dan bingung dengan soal cerita, mengubah soal cerita menjadi mateatika. Nah kalau kita mengeja dan memahaminya salah makan rumus yang dihasilkan juga salah. Maka di sarankan untuk memahami terlebih dulu soal cerita tersebut.

Bagaimana menyiasati soal yang dianggap sulit?

Harus paham dengan konsep, sebenarnya tidak ada yang suit jika siswa sudah memahami konsep soal. Agar siswa tidak merasa matematika itu sulit, cara mengajarkan yang meyenangkan juga sangat membantu siswa untuk rilex. Harus diketahui dasarnya mengerjakan soal.

Tips bagi siswa yang akan mengerjakan soal matematika?

Pertama, persiapkan mental untuk menghadapi ujian masional.

Kemudian memahami konsep matematika dan kalau belajar sebaiknya sesuai dengan kisi – kisi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved