Menyiasati Isi Dompet yang Tipis di Akhir Bulan

Tanggal: 8 Mei 2017 01:05 wib.
Pernah nggak di akhir bulan dompet udah menipis? Bahkan buat biaya transportasi ke kantor aja benar-benar gak ada? Mau minta orangtua rasanya udah bukan waktunya lagi, sementara tanggal gajian masih lama. Hidup serasa pahit!

Kalau kamu memang mengalami dompet tipis di akhir bulan, itu artinya kamu harus memeriksa kembali semua pengeluaran kamu. Kebutuhan hidup memang banyak, namun jika kamu mampu mengatur keuanganmu dengan baik, hidup kamu sebulan kedepan bakalan baik baik saja. Berikut akan saya bagikan tips mengatur keuangan supaya tetap bertahan hidup sampai akhir bulan.

Selalu buat daftar belanja dan batasi pengeluaran

Saat teman-teman kamu mengajak bepergian, batasi pengeluaran. Buat daftar belanja sebulan dan kemungkinan barang apa saja yang akan kamu beli semisal bepergian ke tempat nongkrong atau ke pusat perbelanjaan, dengan demikian kamu gak akan mengalami over budget.

Hati-hati sama pengeluaran kecil

Jajanan murah, barang diskon sampai harga parkir bisa menjadi penyebab utama kamu bokek di tengah bulan. Harga barang murah justru membuatmu jadi nggak segan untuk mengeluarkan uang. Tanpa terasa pengeluaran kecilmu semakin banyak yang nggak terkontrol.

Sisihkan uang di awal, bukan di akhir bulan

Udah mencatat pengeluaran pokok bulanan? Setelah itu sebaikknya kamu langsung mencatat target tabungan untuk satu bulan.

Hindari utang dalam bentuk apapun

Ya, sebaiknya hindari utang dalam bentuk apapun. Baik itu dengan menggunakan kartu kredit, meminjam uang ke temen atau jenis-jenis kredit lainnya.

Cari pendapatan tambahan

Bila kondisi keuanganmu memang benar-benar memprihatinkan, ada baiknya kamu mencoba mencari pendapatan tambahan. Kamu bisa bekerja tambahan atau sambilan pada hari Sabtu dan Minggu. Walaupun mungkin hasilnya tak banyak, kamu bisa mendapat tambahan uang yang kamu butuhkan untuk bertahan selama sebulan bahkan saat akhir bulan.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved