Luhut Klaim Bandara Kertajati Nantinya akan Menjadi Bandara Terbaik Kedua Setelah Bandara Soekarno-Hatta

Tanggal: 24 Mei 2018 15:54 wib.
 Kabar baik untuk warga Jabar dan Indonesia, pasalnya dikabarkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati siap melayani penerbangan pesawat dan penumpang. Direncakan pada awal Juni bulan depan mulai ada penerbangan komersial.

Bandara Kertajati yang menggunakan total lahan sekitar 3.000 hektare ini diklaim sebagai bandara terbaik kedua setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng.

"Ini akan menjadi bandara terbaik kedua setelah Cengkareng. Karena di sini akan jadi aerocity dan juga menjadi hub," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Majalengka, pada Kamis (24/5/2018).

Luhut mengungkapkan, bandara Kertajati ini nantinya terhubung dengan berbagai infrastruktur transportasi misalnya Jalan Tol Cipali, jalur kereta api, dan Pelabuhan Patimban.

Pada tahap layanan awal, bandara Kertajati hanya melayani sebanyak 5 hingga 6 juga penumpang setiap tahunnya, namun diyakini potensi pasarnya besar. Pengguna bandara ini pun bukan hanya warga Majalengka, tetapi juga bisa melayani masyaratak Cirebon, Bandung, Karawang dan Purwakarta.

Bahkan nantinya di Bandara ini semua bisa melayani penerbangan termasuk pelayanan penerbangan untuk umrah dan naik haji.

"Kereta Capat Jakarta-Bandung link ke sini, kemudian diperpanjang ke Yogya, Solo, dan Surabaya. Ini pengembangan lima sampai sepuluh tahun ke depan," papar Luhut

Bandara Kertajati untuk saat ini masih memiliki panjang runway sekitar 2.500 meter, namun ini sedang dikembangkan lagi menjadi 3.000 meter.

Selain itu, Luhut juga mengaku dirinya bangga pada proyek pembangungan Bandara Kertajati di Majalengka ini, pasalnya yang mendesain dan membangun adalah anak Indonesia. Dia juga mengklaim bahwa aerocity bandara Kertajti ini mengalahkan bandara India.

"Saya bangga airport ini didesain dan dibangun oleh sumber daya manusia (SDM) Indonesia," ujar Luhut saat dirinya menghadiri peresmian operasional perdana Bandara Kertajati, Kamis (24/5/2018). .

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved