Inilah Penyebab Proyek KA Cepat Jakarta – Bandung Tak Berprogres

Tanggal: 1 Feb 2018 16:38 wib.
Tampang.com – Proyek KA Jakarta – Bandung dinilai tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hal itu dibenarkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. Proyek yang telah berjalan cukup lama ini belum memberikan hasil yang signifikan. Berdasarkan penjelasan dari Rini, saat ini pihaknya masih melakukan berbagai pertimbangan dengan perusahaan mitra dari China mengenai waktu dan dari mana proyek tersebut dimulai.

“ mengapa enggak ada perkembangan, karena pembebasan lahan di Halim sangat penting. Pembebasan lahan sudah selesai minggu lalu,” ungkap Rini.

Setelah selesai pembebasan lahan tersebut, harapannya pembangunan fisik kereta cepat dapat dimulai minggu depan.

Pembebasan lahan di Halim menjadi kunci penting dalam pembangunan kereta cepat Jakarta – Bandung. Di lokasi iniklah akan dibangun terowongan paling panjang yang nantinya akan dilalui kereta. Bagaimana dapat dimulai pembangunan fisik ketika terowongan belum selesai.

Presiden RI memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan untuk mengevaluasi mega proyek kereta cepat Jakarta – Bandung.

Dalam menjalankan evaluasi tersebut, akan digelar pertemuan antara Menteri BUMN, menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal di Minggu depan.

Dalam rencana pertemuan nanti akan dibahas bukan tentang pembahasan melainkan lebih kepada feasibility dari kereta cepat Jakarta – Bandung itu sendiri. Apakah feasible jalur kereta melintasi jalur yang saat ini direncanakan atau malah lebih feasible jika jalurnya dipindahkan. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved