Ekonomi : Kekhawatiran Perdagangan Menyeret Harga Minyak Lebih Rendah

Tanggal: 28 Mei 2018 13:29 wib.
Keprihatinan Eropa tentang volatilitas ekonomi berbasis luas dan resah atas guncangan sisi penawaran membantu mengirim harga minyak mentah turun tajam pada Kamis pagi.

Harga minyak mentah menyentuh $ 80 per barel pada hari Senin setelah pemerintah AS meningkatkan tekanan sanksi terhadap Iran dan Venezuela. Pasar sejak itu bangkit dari langit-langit itu di tengah tanda-tanda penurunan ekonomi dan saran awal bahwa anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak sadar akan potensi kerugian tambahan dari negara-negara anggota Iran dan Venezuela.

Beberapa menit dari pertemuan Bank Sentral Eropa pada Kamis mengungkapkan kekhawatiran tentang dampak spillover dari volatilitas di pasar luar negeri.

"Lonjakan volatilitas di pasar saham AS pada awal Februari menyoroti sentimen pasar yang rapuh saat ini," kata pernyataan ECB.

Pasar AS melihat-lihat di tengah kekhawatiran perang dagang meletus dengan China, yang akan memiliki dampak permintaan yang signifikan secara global. Masalah-masalah tersebut telah surut dalam beberapa hari terakhir, tetapi tetap tidak terselesaikan. Presiden AS Donald Trump meningkatkan kekhawatiran mereka, namun, dengan menyerukan tarif pada impor otomotif atas dasar keamanan nasional.

Harga minyak mentah Brent, patokan global, turun 1,4 persen pada 9:15 pagi hingga $ 78,68 per barel. West Texas Intermediate, patokan AS untuk harga minyak, turun 1,6 persen menjadi $ 70,67 per barel.

Risalah yang dirilis Rabu oleh Federal Reserve AS menunjukkan bahwa, berasal dari volatilitas pasar yang sama dicatat oleh ECB pada awal Februari, "beberapa investor mungkin menjadi lebih berhati-hati." Ada juga beberapa tekanan inflasi yang muncul karena "kenaikan harga minyak mentah yang mencolok."

Harga minyak tersebut dapat berdampak pada perilaku konsumen di Amerika Serikat, ekonomi terbesar di dunia, karena kenaikan harga bensin ritel. Hal itu telah memicu perdebatan bipartisan di antara anggota parlemen AS atas kebijakan energi AS, baik asing maupun domestik.

Lonjakan harga minyak mentah, sementara itu, telah menarik perhatian produsen minyak terbesar dunia. Setelah bertemu di St. Petersburg dengan mitra Emirat dan Saudi, Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan ia berada di halaman yang sama dengan rekan-rekan OPEC mengenai pasar.

Beberapa media melaporkan minggu ini bahwa anggota OPEC dapat bersantai sesuai dengan strategi pasar untuk mengurangi surplus di pasar energi global.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved