5 Hal Penting yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Jalankan Sebuah Bisnis

Tanggal: 3 Mei 2018 16:59 wib.
Banyak sekali peluang bisnis yang dapat Anda jalankan di era digital saat ini. Namun, memulai sebuah bisnis agar menjadi usaha yang menghasilkan tidaklah mudah. Karena Anda memerlukan pertimbangan banyak hal agar rencana bisnis yang akan Anda jalankan dapat menghasilkan profit serta sesuai dengan target.

Untuk itu, sebelum memulai bisnis ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan. Hal ini disiapkan untuk mengantisipasi bisnis Anda gagal. Bahkan yang sudah direncanakan matang aja bisa gagal, apalagi bisnis yang tidak direncanakan dengan baik.

 

Mengetahui jelas secara spesifik bisnis yang ingin dijalankan

Sebelum memulai sebuah bisnis, Anda terlebih dahulu harus menentukan bisnis apa yang ingin Anda jalankan. Menganalisis peluang pasar apakah ide bisnis Anda tersebut akan laku di pasaran atau tidak. Dalam memikirkan ini, Anda diwajibkan fokus pada satu ide bisnis dan lebih realistis terhadap keadaan pasar. Misalnya Anda mau berbisnis fashion. Maka Anda juga harus menentukan fashion seperti apa, apakah baju saja atau celana dan sebagainya.

 

Membuat anggaran modal bisnis

Sudah dipastikan ketika Anda mau menjalankan sebuah bisnis maka perlu yang namanya modal. Dalam membuat anggara modal, maka Anda perlu membuatnya secara jelas dan jangan hanya sebuah perkiraan. Lakukan perincian yang akan membutuhkan biaya sebagai modal bisnis Anda.

 

Rekening bisnis terpisah dengan rekening pribadi

Jika ingin hasil bisnis Anda tidak hilang begitu saja, maka buatlah rekening bisnis dan rekening pribadi terpisah agar tidak campur aduk. Karena jika bercampur maka dapat sebabkan keuangan bisnis Anda menjadi tidak jelas bahkan nantinya membuat tidak segan-segan menggunakan uang hasil bisnis Anda secara sembarangan.

 

Buat rencana bisnis Anda dalam proposal (business plan)

Dalam merencanakan bisnis, jangan hanya ada di dalam pikiran semata. Tetapi Anda harus menuangkan ide bisnis yang sudah Anda pikirkan ke dalam bentuk proposal, tuangkan disana secara tertulis agar rencana bisnis Anda lebih sistematis dan jelas.

 

Kenali target market bisnis

Anda harus tau siapa yang menjadi target market Anda. Hal ini bertujuan agar bisnis Anda tidak salah sasaran. Misalnya, menentukan apakah target market Anda merupakan anak muda, laki-laki atau perempuan, orang tua, dan sebagainya. Saat mengenali market, maka langkha selanjutnya adalah mengenali kebutuhan mereka agar dengan adanya produk Anda akan menjawab kebutuhan mereka.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved