2021 Indonesia Ditargetkan Swasembada Bawang Putih

Tanggal: 25 Jun 2018 07:44 wib.
Tampang.com – Swasembada bawang putih telah menjadi target Kementrian Pertanian (kementan) yang ingin direalisasikan pada tahun 2021. Dalam upaya mencapai target tersebut, Kementrian Pertanian terus berusaha untuk meningkatkan produksi bawang putih.

Adapun daerah penghasil bawang putih tertinggi saat ini berada di Ciwidey, Jawa Barat. Hal itu diakui oleh kepala Seksi Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Fely Fitriani. Ia mengaku bahwa sejak tahun 1979, Ciwidey menjadi daerah penghasil bawang putih.

Ia juga menjelaskan potensi pengembangan bawang putih di Kabupaten Bandung yang mencapai 10 ribu hekater (ha) yang terdiri dari Kecamatan Pasir Jambu dan Ciwidey sekitar 5,000 ha, Kecamatan Cimenyan 3,000 ha dan Kecamatan Pangalengan 2,000 ha.

Dilihat dari potensinya tersebut, Kementan optimis mampu untuk merealisasikan swasembada bawang putih pada tahun 2021 mendatang.

Optimism itu juga disampaikan oleh Ketua Kelompok Tani Bawang Putih Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey, Muhtar. Ia menjelaskan bahwa saat ini luas tanam bawang putih mencapai 30 ha dengan berbagai varietas yang ditanam.

Jika dilihat dari produktivitasnya, petani bawang putih mampu memproduksi mencapai 12 hingga 15 ton per ha. Adapun harga panen basah mampu mencapai Rp 13 ribu per kg sedangkan untuk panen muda harganya lebih tinggi yaitu Rp 20 ribu per ha.

Melihat potensi dan juga hasil yang sangat baik itu menjadikan semangat untuk bertanam bawnag putih menjadi besar di masyarakat Ciwidey. Hal itu terlihat dari upaya yang dilakukan oleh kelompok tani yang mampu mengatur manajemen tanam bawnag putih.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved