Tidur Siang Ternyata Juga Ada Seninya

Tanggal: 25 Mei 2018 21:22 wib.
Tampang.com - Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa hasil yang diperoleh dari tidur siang berbeda-beda tergantung dari kapan dan berapa lama tidur tersebut dilakukan. Tidur siang yang dilakukan dengan salah bisa memberikan hasil yang buruk.

Agar tidak terjadi kesalahan dalam tidur siang, mari simak penjelasan berikut.

 

Waktu yang tepat untuk tidur siang adalah diantara pukul 13.00 – 16.00. Tidur siang diatas pukul 16.00 akan mengganggu proses tidur dimalam hari.

 

Tubuh kita mengatur agar kita tetap dalam kondisi terjaga dari pagi hingga malam. Jika kita tidur siang terlalu lama, kita akan merasa letih, grogi atau bingung karena otak sebenarnya tidak mengharapkan kita untuk tidur pada saat itu.

 

Adapun durasi tidur siang sebaiknya disesuaikan dengan aktifitas kita. Untuk memulihkan kewaspadaan, misalanya saat kita mengantuk ketika sedang menyetir, maka sebaiknya kita berhenti untuk tidur sejenak. Tidur selama 10-20 menit sudah cukup.

 

Tidur selama 60 menit lebih cocok untuk kamu yang melakukan kegiatan yang banyak menggunakan otak untuk proses kognitif, seperti mengingat kejadian-kejadian, tempat-tempat atau muka-muka orang. Tetapi ada kekurangannya, kamu mungkin akan merasa bingung sejenak setelah bangun.

 

Yang terakhir, tidur selama 90 menit, akan membantu kreatifitas, emosi dan memori procedural kamu. Contohnya ketika kita belajar naik sepeda atau bermain piano. Jika setelah aktivitas tersebut kita tidur selama 90 menit, maka akan  bangun dalam kondisi segar dan sangat kecil kemungkinan kita merasakan grogi atau bingung.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved