Kota Terapung Pertama di Dunia Siap di Tahun 2020

Tanggal: 17 Nov 2017 08:24 wib.
Tampang.com - Kota terapung memang menjadi konsep yang telah lama ada. Seperti diketahui, suku Uros pun telah melakakukan hal ini, dengan menggunakan jerami sebagai landasan kota terapung.

Kini, tak hanya suku Uros yang akan memiliki kota terapung. Pasalnya, Seasteading Institute, sebuah lembaga nirlaba yang berbasis di San Fransisco kini sedang mewujudkan rencana kota terapung ini. Berbeda dengan suku Uros, kota terapung ini memiliki sistem yang modern.



Dikutip dari laman Bored Panda, kota terapung ini berlokasi di tengah lautan Polinesia Prancis. Gagasan ini ternyata telah dimunculkan oleh lembaga ini sejak berdiri tahun 2008.

Seasteading Institute juga sudah mengantongi izin dari pemerintah Polinesia Prancis untuk mulai melakukan pengujian di perairannya.

Pada kota terapung tersebut, rencananya akan didirikan sekitar selusin struktur yang meliputi perumahan, hotel, kantor, dan restoran. Tujuan utama idenya adalah untuk 'membebaskan manusia dari politisi' dan 'menulis ulang peraturan yang mengatur masyarakat'.



"Jika Anda bisa memiliki kota terapung, pada dasarnya ini akan jadi seperti negara start-up," tutur Joe Quirk, presiden Seasteading Institute kepada The New York Times. "Kita bisa menciptakan keragaman pemerintahan yang besar untuk banyak orang."

Quirk mengklaim bahwa pembangunan kota bebas politik di lepas pantai akan menelan biaya sekitar $ 167 juta. Seasteading telah menerima modal awal dari PayPal, Peter Thiel.



Selanjutnya Seasteading Institute berharap dapat meraih dana tambahan lewat crowdfunding. Program pembiayaan massal yang mereka pilih adalah menawarkan koin perdana dari mata uang virtual yang nantinya akan dipakai di kota tersebut. Diharapkan pembangunan kota ini bakal rampung di tahun 2020 dan bisa segera ditempati.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved