Di India Istri Ceraikan Suami Gara-Gara Toilet

Tanggal: 21 Agu 2017 10:02 wib.
Tampang.com - Di India, seorang perempuan diizinkan untuk menceraikan suaminya. Alasan dari perceraian ini lantaran sang suami tidak kunjung membangun toilet di rumahnya.

Perempuan yang berusia 20 tahunan ini harus rela buang hajat di ladang terdekat selama 5 tahun menikah.

Dalam hukum India, perceraian dapat diizinkan dalam keadaan tertentu, seperti kekerasan dalam rumah tangga atau terbukti melakukan kekejaman.

Pengacara perempuan tersebut mengatakan, hakim menyatakan bahwa tindakan buang air besar di tempat terbuka adalah suatu bentuk penyiksaan.

Seperti dilaporkan dari BBC, Senin (21/8), pengadilan yang berlangsung di Rajasthan mengatakan perempuan tersebut sering dipaksa menunggu gelap untuk buang hajat di ladang terbuka.

Dilansir dari laman Times of India putusan pengadilan mengatakan, "Kita menghabiskan uang untuk membeli tembakau, minuman keras, dan telepon genggam, namun tidak mau membangun toilet untuk melindungi martabat keluarga kita."

Di desa, perempuan harus menunggu sampai matahari terbenam untuk memenuhi panggilan alam. "Ini bukan hanya kekejaman fisik, tapi juga melanggar norma kesopanan seorang perempuan," imbuh putusan pengadilan.

Media lokal setempat menyebutkan bahwa perempuan tersebut telah mengajukan gugatan sejak 2015. Kejadian buang air di tempat terbuka masih sering terjadi di beberapa bagian pedesaan di India.

Pemerintah telah menargetkan agar setiap rumah tangga menyediakan toilet sampai dengan 2019. Keselamatan dan ketidaknyamanan perempuan menjadi alasan utama program ini, karena banyak orang terpaksa melakukan perjalanan ke ladang dalam kondisi gelap.

Akan tetapi, program tersebut mendapat beberapa perlawanan. Kendati toilet telah dibangun, banyak yang tidak menggunakannya. Tahun lalu, Unicef memperkirakan bahwa sekitar setengah populasi India tidak menggunakan toilet.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved