Desa Ini Dijuluki Sebagai Desa Terbersih di Dunia

Tanggal: 30 Agu 2017 20:56 wib.
Tampang.com - Jika kamu pergi menuju India bagian timur, kamu dapat mengunjungi desa yang unik. Disana terdapat desa terbersih di Asia.

Desa tersebut bernama Mawlynnong juga disebut dengan "Taman Milik Tuhan". Desa ini berpenduduk sekitar 600 orang dan mengenai kebersihannya, tak perlu ditanya lagi. Kebersihan desa ini telah diakui sejak tahun 2003 dan telah diwariskan generasi ke generasi.



Dilansir dari Next Shark, anak-anak disana memiliki kewajiban untuk menyapu dedaunan yang berguguran setiap pagi, sebelum mereka berangkat sekolah. Daun yang telah dikumpulkan kemudian dikuburkan di dalam tempat kompos. Anak-anak juga mengosongkan keranjang sampah dan memisahkan sampah yang sesuai.



Juga, desa tersebut melarang rokok dan penggunaan bahan plastik, meskipun terkadang terlihat beberapa plastik ada di sekitar, namun mereka menyatakan bahwa itu berasal dari wisatawan yang datang. Meskipun demikian, penduduk setempat tidak membuang sampah plastik tersebut karena kebanyakan dari mereka didaur ulang untuk hal yang bermanfaat.

Ternyata, terdapat kisah dibalik mengapa mereka terobsesi dengan kebersihan. 130 tahun yang lalu, wabah kolera terjadi, dan untuk mencegah penyebarannya, mereka memulai menjaga kebersihan daerahnya, sebagaimana catatan dari BBC.



Penduduk desa juga merupakan masyarakat Kharan tradisional matrilineal - perhatian terhadap kebersihan kemudian muncul dari penekanan masyarakat pada hal semacam itu, dari saat wanita, tertib yang ditugaskan secara kultural dan ketertiban lingkungan, dominan.



Jika kamu ingin mengunjungi tempat ini, penduduk setempat akan menyambutmu dengan hangat. Banyak dari mereka terbiasa dengan bahasa Inggris. Desa ini memiliki tingkat melek huruf 100%, menurut pemerintah India. Tertarik untuk berkunjung?
Copyright © Tampang.com
All rights reserved