Apakah Anda Tahu Bahwa Tradisi Halal bihalal Hanya Ada di Indonesia?

Tanggal: 14 Jun 2018 22:16 wib.
Apakah Anda Tahu Bahwa Tradisi Halalbihalal Hanya Ada di Indonesia?

Setelah melewati masa puasa, maka umat muslim merayakan yanag disebut Idul Fitri. Dalam perayaan Idul Fitri ini diisi dengan tradisi halalbihalal dan tradisi ini hanya ternyata hanya ada di Inonesia.

Halalbihalal biasanya diisi dengan kegiatan positif seperti berkunjung ke rumah keluarga, bermaaf-mafan, silaturahmi, reuni atau makan-makan. Lalu, dari mana asal usul dan sejarah halalbihalal sebenarnya?

Istilah halalbihalal sendiri tidak akan ditemukan dalam kepustakaan Islam atau Arab sekalipun. Artinya, halalbihalal hanya ada di Indonesia.

Bisa dikatakan tradisi ini hanya dapat ditemukan di Indonesia. Sudah sepatutnya bangga menjadi warga Indonesia dan sangat bersyukur kepada Sang Pencipta karena bisa merasakan kebahagiaan dan sukacita tersendiri dari tradisi halalbihalal yang sangat banyak memiliki nilai-nilai positif dalam kehidupan bersama.

Berikut beberapa versi tentang  asal-usul tradisi halalbihalal:

Versi Pertama :

Tradisi halalbihalal dipercaya bahwa dimulai oleh Pangeran Sambernyawa, saat memimpin Surakarta pada masa lampau. Setelah salat Idul Fitri, para prajurit tertib melakukan sungkem terhadap raja, dengan tujuaan untk menghemat tenaga, biaya dan waktu.

Versi Kedua:

Versi ini disampaikan oleh Umar Kayam. Ia mengungkapkan Halal bi Halal sebagai akulturasi budaya Jawa dan Islam.

Versi Ketiga:

Versi ketiga ini disampaikan oleh sejarawan yang menyebutkan Halal bi Halal dipopulerkan mantan Presiden Republik Indonesia, Sukarno alias Bung Karno, pada 1946.

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved