5 Hal Unik yang Wajib Diketahui Tentang Komodo

Tanggal: 14 Jun 2018 20:53 wib.
5 Hal Unik Yang Wajib Diketahui Tentang Komodo

 

Komodo merupakan spesies kadal yang juga merupakan salah satu hewan endemik Indonesia. Komodo memiliki habitat asli di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Berikut 5 hal unik tentang komodo.

 

1. Air liur yang mematikan.

Ternyata, yang membuat mangsanya tak berdaya bukanlah gigitan atau cengkeraman komodo. Namun, justru air liurnya yang membuat mangsanya tak berdaya. Sebab, ternyata, air liur komodo ini mengandung sejumlah bakteri yang sangat berbahaya. Bahkan, air liur ini dapat meracuni darah hewan yang digigitnya.

 

2. Hanya perlu makan sebulan sekali

Komodo bisa bertahan hidup dengan hanya makan sebulan sekali. Namun, mereka mampu menelan mangsa yang mencapai 80 persen dari berat badannya, seperti kambing. Setelah makan, seekor komodo akan berjemur di bawah matahari untuk mempercepat metabolismenya yang lambat. Lalu, ketika selesai mencerna, dia akan memuntahkan pelet lambung berisi rambut, tanduk, gigi, dan sisa-sisa makanan lainnya.

 

3. Bereproduksi tanpa seks

Komodo betina, dilaporkan oleh sekelompok peneliti pada tahun 2006, mampu bereproduksi secara seksual dan aseksual melalui proses partenogenesis.

Dalam proses yang biasanya ditemukan dalam lingkungan tanpa pejantan ini, sang komodo betina akan menghasilkan telur yang dibuahi oleh dirinya sendiri.

 

4. Pemakan bangkai

Walaupun bersifat predator, komodo lebih sering memakan bangkai daripada berburu. Komodo dapat mendeteksi bangkai sejauh 10 kilometer dan sering kali menggali kembali mayat yang baru saja dikubur. Oleh sebab itu masyarakat setempat memindahkan kuburan mereka dari tanah berpasir menjadi tanah liat yang ditumpuki batu.

 

5. Kanibal

Ketika tidak ada mangsa lainnya, seekor komodo dewasa tidak akan segan-segan untuk memangsa komodo kecil. Untuk itu, komodo kecil pun terpaksa harus bertahan hidup dengan cara memanjat pohon dan bergulung-gulung dalam feses untuk menghindari komodo dewasa.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved