Seberapa Mudah Makhluk Luar Angkasa Mengamati Bumi?

Tanggal: 17 Sep 2017 15:46 wib.
Para astronom telah mengidentifikasi sembilan planet dimana mungkin alien cerdas berpotensi mengawasi kita.

Sementara banyak pekerjaan telah dilakukan selama bertahun-tahun untuk mencari tanda-tanda kehidupan cerdas di luar sana di alam semesta, hanya ada sedikit pertimbangan tentang kemungkinan seseorang mengawasi kita.

Dalam sebuah studi baru-baru ini, para ilmuwan dari Belfast melakukan penelitian untuk menentukan di mana titik pandang terbaik bagi peradaban luar bumi yang ingin mengamati apa yang sedang kita hadapi.

Penelitian ini melibatkan identifikasi bagian-bagian langit dari mana planet-planet di tata surya kita dapat dilihat ketika lewat di depan Matahari dari perspektif pengamat jauh di dunia lain.

Ternyata planet terberat berbatu seperti Bumi dan Mars paling mudah dikenali.

"Planet yang lebih besar tentu saja akan mengeluarkan lebih banyak cahaya saat mereka melewatinya di depan bintang mereka," kata Robert Wells dari Queen's University Belfast. "Namun, faktor yang lebih penting adalah seberapa dekat planet ini dengan bintang induknya. Karena planet terestrial lebih dekat ke matahari daripada raksasa gas, mereka akan cenderung terlihat dalam perjalanannya."

Para ilmuwan akhirnya mendeteksi 68 planet ekstrasurya dari mana setidaknya beberapa planet di tata surya kita dapat diamati dan setidaknya 9 lokasi yang diprediksi ideal untuk mengamati Bumi.

Namun tak satu pun dari planet ini saat ini diyakini layak huni.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved