Pasangan Burung Mengkoordinasikan Lagu dan Tarian Mereka untuk Menyampaikan Pesan

Tanggal: 21 Des 2017 11:22 wib.
Penelitian baru menunjukkan bahwa pasangan burung yang mengkoordinasikan gerakan bernyanyi dan sayap mereka lebih mampu menyampaikan pesan mereka.

Sama seperti isyarat wajah dan isyarat tangan membuat ucapan manusia lebih dimengerti, gerakan hewan dapat meningkatkan pesan vokal mereka.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan koordinasi vokal antara pasangan hewan meningkatkan kejernihan dan dampak tampilan vokal mereka. Namun para ilmuwan belum secara cermat meneliti koordinasi lagu dan tarian di antara burung.

Pasangan rufous-naped wrens, Campylorhynchus rufinucha, diketahui menghubungkan berbagai gerakan sayap dan tubuh dengan duet lagu mereka. Para ilmuwan telah berhipotesis bahwa koordinasi tarian dan tarian dapat membantu pasangan menyesuaikan tampilan mereka dengan lebih baik dan dengan demikian meningkatkan khasiat pesan mereka.

Dalam sebuah studi baru, para periset di Australia dan Polandia mempelajari rutinitas tarian dan tarian burung magpie Australia, Grallina cyanoleuca.

Para ahli biologi memasangkan duet rekaman dengan model robot yang mampu melakukan berbagai gerakan sayap dan mengukur perilaku respons burung hidup. Peneliti memvariasikan koordinasi komponen lagu dan tarian.

Burung lebih cenderung merespons dan terbang menuju sepasang dengan koordinasi audio visual. Duet yang tidak terkoordinasi kurang efektif dalam mengkomunikasikan pesan yang dimaksud.

Peneliti utama, Paweł Ręk, seorang ahli biologi di Adam Mickiewicz University di Polandia, merinci karyanya di jurnal Behavioral Ecology.

"Multimodalitas sinyal dapat bermanfaat bagi signaller dan juga receiver karena ada banyak cara melalui mana salah satu komponen sinyal dapat meningkatkan khasiatnya yang lain," kata Ręk dalam siaran persnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved