Mengapa Dokter ER Ingin Mengusir Istilah 'Kering Tenggelam'

Tanggal: 13 Jul 2017 21:12 wib.
Beberapa dokter medis darurat ingin membuang ungkapan "kering tenggelam" karena istilah tersebut sebenarnya tidak mengacu pada kondisi yang diterima secara medis.

"Tenggelam kering" cenderung muncul di musim panas, seperti pada bulan Juni ini, setelah seorang anak laki-laki di Texas meninggal beberapa hari setelah berenang dan orang tuanya diberitahu bahwa hal itu karena tenggelam kering.

Tapi istilah seperti "tenggelam kering," "tenggelam tertunda" dan "tenggelam sekunder" semuanya salah, dan dapat menyebabkan alarm yang tidak perlu, menurut American College of Emergency Physicians (ACEP).

"Tidak ada kasus pasien normal tanpa gejala yang tiba-tiba meninggal karena mereka berenang beberapa hari yang lalu," kata Dr. Rebecca Parker, presiden ACEP, dalam sebuah pernyataan kemarin (11/7). "Sudah waktunya untuk menghentikan persyaratan yang salah, karena tidak tepat dan tidak tepat untuk mengatakan bahwa seorang anak pada awalnya baik setelah kejadian air dan kemudian 'tenggelam kering' sehari atau seminggu kemudian."

Parker mengatakan laporan media tentang contoh-contoh "orang tua yang sangat waspada".

Namun, dalam kasus yang sangat jarang, seseorang dapat meninggal akibat masalah pernapasan beberapa hari setelah terendam air. Nama untuk kejadian seperti itu? Tenggelam

Definisi tenggelam adalah ketika seseorang memiliki jenis masalah pernapasan setelah terendam cairan, kata Dr. Howard Mell, dokter pengobatan darurat dan juru bicara ACEP. Misalnya, jika seseorang berjalan di bawah air dan muncul sedikit sputtering, itu secara teknis tenggelam, kata Mell.

Ketika kebanyakan orang berpikir untuk tenggelam, mereka membayangkan seseorang berada di bawah air dan tidak pernah muncul lagi karena dia meninggal karena kekurangan oksigen, kata Mell kepada Live Science. Tapi "itu akan menjadi ujung spektrum," katanya. Istilah medis "tenggelam" mencakup berbagai skenario, termasuk masalah mematikan, tapi juga masalah ringan.

Tenggelam tidak berarti sekarat, tambahnya.

Dalam kasus yang paling ringan, tenggelam adalah ketika air "turun dari pipa yang salah," tapi ungkapan ini juga tidak akurat, Mell mencatat. Apa yang sebenarnya terjadi adalah bahwa air sampai ke bagian belakang tenggorokan dan bersentuhan dengan epiglotis, yang merupakan tulang rawan tulang rawan di bagian belakang tenggorokan yang menghalangi tabung pernapasan saat Anda menelan. Otot di sekitar epiglotis kemudian spasme untuk melindungi Anda dari menghirup air. Seseorang mungkin batuk dan membersihkan air, dan kemudian tidak memiliki masalah lebih lanjut.

"Jika Anda bebas dari gejala, itu tidak lagi tenggelam," kata Mell. "Itu tidak akan kembali."

Perhatian yang lebih besar adalah ketika seseorang batuk saat ia keluar dari air dan tidak berhenti batuk, kata Mell. Ini bisa menunjukkan bahwa seseorang menghirup air - dengan kata lain, air melewati pagar pelindung epiglotis, dan masuk ke paru-paru. [10 Penyakit Aneh yang Bisa Anda Lakukan di Luar Ruangan]

Bila bahkan setetes atau dua air masuk ke paru-paru seseorang, itu bisa menimbulkan masalah, kata Mell. Ini karena air bisa membasmi senyawa yang disebut "surfaktan" yang melapisi bagian dalam paru-paru seseorang. Surfaktan adalah zat licin yang membantu menjaga kantung udara di dalam paru-paru terbuka sehingga oksigen dan karbon dioksida dapat ditukar antara kantung udara dan pembuluh darah di dekatnya. Jika surfaktan disapu bersih, sistem kekebalan tubuh mungkin bereaksi, yang menyebabkan kondisi mematikan yang disebut sindrom distres pernapasan akut.

Jika seseorang menghirup air, dan beberapa surfaktan dicuci bersih, tanda-tanda ini akan menjadi jelas, kata Mell. Seseorang akan keluar dari air batuk, atau mulai terbatuk-batuk dalam beberapa menit, katanya. Satu jam kemudian, batuknya akan menjadi mengerikan, dan sejam setelah itu, orang itu akan kehilangan warna normal mereka, dan menjadi abu-abu.

Istilah "dry drowning" terjadi karena ada kasus di mana orang meninggal akibat proses ini, namun mereka meninggal beberapa hari setelah mereka menghirup air, kata Mell. "Lebih sulit bagi orang untuk memahami" konsep bahwa orang bisa mati tenggelam saat mereka tidak berada di air, bahkan jika mereka telah terbatuk-batuk dan terbata-bata sejak berada di air, katanya.

"Ini bukan proses yang tidak berbahaya dan misterius, ini adalah proses yang jelas" yang segera dimulai, tidak beberapa jam atau beberapa hari setelah seseorang keluar dari air, kata Mell.

Tidak ada proses yang akan dianggap "tenggelam" yang akan dimulai hanya beberapa jam setelah seseorang keluar dari air, Mell menambahkan. Jadi jika seorang anak mengalami batuk beberapa hari setelah berenang, itu hanya batuk saja.

Tapi jika orang tersebut batuk saat keluar dari air, dan batuknya terus berlanjut dan memburuk, orang tersebut pasti harus dibawa ke ruang gawat darurat, kata Mell.

Selain ACEP, organisasi-organisasi ini juga mencegah penggunaan istilah seperti "tenggelam kering" dan "tenggelam sekunder": Organisasi Kesehatan Dunia, Komite Penghubung Resusitasi Internasional, Masyarakat Medis Wilderness, Federasi Penyelamatan Internasional, Internasional Konferensi tentang Tenggelam, American Heart Association, Palang Merah Amerika dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved