Kejahatan yang Sering Terjadi Mendekati Labaran Tingginya perputaran uang di masyarakat saat bulan ramadhan seringkali membuat angka kejahatan juga semakin meningkat. Berikut beberapa kejahatan yang

Tanggal: 13 Jun 2018 21:48 wib.
Waspada Dengan Kejahatan yang Sering Terjadi Mendekati Labaran

 

Tingginya perputaran uang di masyarakat saat bulan ramadhan seringkali membuat angka kejahatan juga semakin meningkat. Berikut beberapa kejahatan yang wajib diwaspadai mendekati lebaran.

 

Pencopetan di tempat umum

Kejahatan yang cukup sering terjadi saat bulan ramadhan adalah pencopetan  ditempat umum. Karena saat mendekati lebaran banyak orang mengunjungi tempat umum seperti pasar, mall, pertokoan untuk membeli keperluan lebaran. Kondisi yang penuh sesak menjadi incaran para pencopet karena dapat dengan leluasa melakukan aksinya tanpa dicurigai.

 

Perampokan/Pencurian Rumah Kosong

Disaat lebaran, biasanya banyak rumah yang ditinggalkan oleh para penghuninya dalam keadaan kosong karena pergi mudik. Hal tersebut sering kali dimanfaatkan oleh para penjahat untuk mencuri dan menggasak isi dari rumah tersebut. Sebaiknya anda memberi pengamanan ekstra terhadap rumah anda jika ingin pergi dalam waktu yang cukup lama.

 

Hipnotis dan Pembiusan

Beberapa tahun terakhir ini kejahatan dengan modus hipnotis atau dengan metode pembiusan semakin marak. Hal tersebut karena kejahatan ini tidak menarik perhatian dan biasanya sang korban tidak sadar ketika barang berharganya diambil dan dibawa kabur. Anda harus berhati-hati ditempat umum atau ketika ada orang yang menawarkan makanan dan minuman. Sebaiknya bawa makanan dan minuman sendiri.

 

Peredaran Uang Palsu

Peredaran uang palsu juga sangat marak terjadi dan saat ini cukup sulit untuk membedakan uang palsu dan asli jika tidak diperhatikan dengan baik. Selalu memeriksa uang ketika menerima kembalian terutama jika uang yang anda terima cukup besar dari 20 ribu sampai 100 ribu rupiah.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved