Hewan Peliharaan Lebih Baik untuk Kesehatan Anak-Anak

Tanggal: 13 Agu 2017 19:36 wib.
Dapatkah hewan peliharaan memperbaiki kesehatan Anda? Ini adalah pertanyaan yang terpesona ilmuwan dan pemilik hewan peliharaan selama bertahun-tahun, namun penelitian terbaru tampaknya menunjukkan bahwa tidak, mungkin tidak.

Studi tersebut menunjukkan bahwa anak-anak di rumah tangga yang memiliki kucing dan anjing lebih sehat secara keseluruhan dalam beberapa cara - namun setelah memperhitungkan faktor pengendali, juga menunjukkan bahwa kucing dan anjing tidak mungkin menjadi alasan mengapa.

Temuan ini merupakan argumen kontra terhadap banyak penelitian lain yang menemukan kaitan antara hewan peliharaan dan kesehatan, namun anggota tim dari RAND Corporation, sebuah penelitian nirlaba, mengatakan bahwa mereka juga terkejut dengan hasilnya.

"Kami tidak dapat menemukan bukti bahwa anak-anak dari keluarga dengan anjing atau kucing lebih baik dalam hal kesejahteraan mental atau kesehatan fisik mereka," kata salah satu peneliti, ahli statistik Layla Parast.

"Semua orang di tim peneliti terkejut - kita semua memiliki atau tumbuh dengan anjing dan kucing. Pada dasarnya kita mengasumsikan dari pengalaman pribadi kita bahwa ada kaitannya."

Salah satu alasan mengapa studi baru ini patut dicatat adalah bahwa ukuran sampelnya sangat besar: jumlah ini hanya mencapai 5.191 rumah tangga, dengan menggunakan data dari Survei Wawancara Kesehatan California yang dikumpulkan pada tahun 2003. Itu lebih besar daripada studi pet dan kesehatan lainnya. .

Yang juga membedakan penelitian ini adalah perhitungan statistik lanjutan yang digunakan untuk mengendalikan beberapa faktor yang juga dapat meningkatkan kesejahteraan anak, termasuk berada di keluarga berpenghasilan lebih tinggi, tinggal di daerah yang lebih kaya, atau jenis perumahan keluarga.

Seperti yang diharapkan, anak-anak dengan hewan peliharaan melakukan lebih baik secara keseluruhan: mereka cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik pada bobot umum dan sedikit lebih tinggi, dan lebih cenderung aktif secara fisik. Mereka bahkan tercatat lebih taat.

Tetapi ketika temuan disesuaikan untuk memperhitungkan sejumlah variabel lain yang dapat mempengaruhi kesejahteraan, perbedaan kesehatan antara rumah tangga pemilik hewan peliharaan dan rumah tangga pemilik hewan peliharaan hampir hilang sama sekali.

Hasilnya akan terasa aneh bagi siapa saja yang merasakan kebahagiaan memiliki hewan peliharaan, termasuk para peneliti RAND sendiri.

"Saya telah berbicara dengan banyak teman saya yang reaksinya seperti milik Anda dan saya: Tidak !," kata Parast kepada James Hamblin di The Atlantic. "Ini tidak mungkin benar Apa jenis 'sains' yang Anda lakukan?"

Salah satu kemungkinannya adalah bahwa memiliki hewan peliharaan berarti kesehatan yang lebih baik daripada menyebabkannya, tapi ada beberapa harapan bagi kita yang masih yakin bahwa hewan peliharaan benar-benar bisa baik untuk kita.

Sebagai permulaan, data dalam penelitian ini hanya melihat gambaran kesehatan anak pada satu titik waktu tertentu, bukan di atas bulan atau tahun.

Dan tim di balik analisis tersebut mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut akan diperlukan untuk mendapatkan jawaban pasti apakah hewan peliharaan bertanggung jawab atas kesehatan yang lebih baik, dengan beberapa peserta diberi hewan peliharaan dan yang lainnya tidak, dan kesejahteraannya dilacak selama 10 tahun atau lebih.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved