Hati-Hati, Jika Anda Termasuk Pecandu Smartphone

Tanggal: 8 Agu 2017 22:12 wib.
Tampang.com - Rerata pengguna memeriksa gadget mereka sebanyak 150 kali sehari. Dan 1 dari 3 pengguna smartphone mengaku kecanduan.

Hasil riset terbaru menyatakan bahwa memainkan gadget secara terus-menerus merupakan kebiasaan tidak sehat yang akan menjadi gejala depresi.

Berdasarkan riset Baylor University, terus-menerus memeriksa ponsel adalah bukti bahwa seseorang sedang berusaha untuk memperbaiki mood mereka.

Penelitian ini ingin mencari tahu hubungan kepribadian seseorang dengan memainkan ponsel terus-menerus. Mereka menemukan, penggunaan yang berlebihan adalah bukti mereka memiliki emosi yang tak stabil.

Penelitian tersebut dilakukan dengan menyurvei secara online pada 346 mahasiswa. Mereka diminta untuk menghitung penggunaan smartphone, kehati-hatian, keterbukaan sifat, keramahan, materialisme, dan rasa gairah.

Hasilnya, orang yang lebih sering menggunakan ponsel mereka cenderung lebih mementingkan harta benda, memiliki mood yang berubah-ubah, lebih emosional, dan lebih sulit fokus. Orang dengan sifat impulsif juga cenderung lebih sering menggunakan ponsel mereka.

Orang-orang suka duduk sendiri dan sibuk bermain dengan gadget mereka kerap juga dijuluki introvert, tetapi penelitian justru membuktikan bahwa orang-orang yang sering menggunakan ponsel mereka justru bukanlah orang-orang dengan kepribadian tertutup.

“Sama seperti dengan kasus kecanduan lain, kecanduan pada ponsel mungkin adalah sebuah usaha seseorang untuk memperbaiki mood mereka,” kata sang penulis dari jurnal ini.

“Terus-menerus memeriksa, email, mengirimkan pesan, tweet dan menjelajah internet berfungsi untuk mengalihkan perhatian seseorang dari rasa cemas yang harus dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun pengalih perhatian ini hanya bersifat sementara.”

Riset yang diadakan sebelumnya juga menunjukkan bahwa kecanduan ponsel sering dikaitkan dengan rasa kesepian, sifat pemalu, pola tidur yang buruk dan sulit berkonsentrasi saat bekerja.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved