Hari Ini, Kepulauan Mentawai Kembali Diguncang Gempa

Tanggal: 21 Jul 2018 09:06 wib.
Dini hari tadi (21/7/2018), sekitar pukul 02.58 WIB, perairan Kepulauan Mentawai diguncangkan oleh gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter. Pusat gemba terjadi tepat di antara perairan di Kepulauan Mentawai dengan garis pantai Sumatera Barat.

Informasi ini dihimpun dari website resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Sabtu (21/7/2018).

Diketahui, pusat gempa terjadi pada kedalaman 10 km, sekitar 34 km sebelah timur Kepulauan Mentawai. Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui dampak dari kerusakan yang ditimbulkan dari gempa.

Sebelumnya, gempa juga pernah mengguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai, di wilayah perairan Sumatera Barat, pada Senin (25/6/2018), dengan magnitude 5 SR.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,86 LS dan 100,08 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 104 km arah tenggara Kota Tua Pejat," lapor Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, Senin (25/6/2018).

Menurut pihak BMKG, perairan di Kepulauan Mentawai memiliki aktivitas subduksi lempeng yang tinggi, terutama lempeng Indo-Australia hingga lempeng Eurasia. Lempeng tersebut merupakan zona subduksi yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

"Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatra. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik (Thrust Fault)," terang Rahmat.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved