Ahli Bedah Saraf Ini Klaim Operasi Penyambungan Kepala pada Manusia Mampu Terlaksana

Tanggal: 7 Agu 2017 11:49 wib.
Tampang.com - Seorang ahli bedah saraf, Sergio Canavero menyatakan bahwa transplantasi penyambungan kepala pada manusia dengan tubuh sudah dapat dilakukan.

Prosedur penyambungan kepala ini sebelumnya pernah dilakukan pada monyet di tahu 1970. Saat itu Robert White berhasil menyambungkan kepala monyet ke monyet dengan jenis yang sama, yakni rhesus.

Memang sampai saat ini belum ada yang berhasil menyambungkan tulang belakang manusia, terlebih dalam kasus kelumpuhan pada manusia.

"Tapi, kemajuan teknologi untuk menghubungkan kembali sumsum tulang belakang sudah mungkin terjadi. Terobosan itu mampu menyembuhkan kelumpuhan yang diderita oleh manusia," kata Canavero, dilansir Telegraph, Minggu (6/8).

Dia menambahkan, hambatan teknis dari usaha penyambungan itu adalah kesamaan sel tulang belakang antara pendonor dan penerima. Namun, dengan berkembangnya teknologi maka masalah itu akan bisa diatasi.

"Saya yakin dengan didukung dokter-dokter ahli, operasi penyambungan dapat dilakukan dalam waktu 36 jam," ujar Canavero.

"Ini bukan fiksi ilmiah. Operasi penyambungan ini mampu memberikan kehidupan baru bagi manusia. Salah satu kendala terbesar adalah masalah dana," tambah Canavero.

Namun, Profesor Anthony Warrens dari British Transplantation Society menolak pernyataan dari Canavero tersebut. Ia menyatakan menghubungkan kepala manusia adalah suatu hal yang sia-sia, serta merupakan konsep yang aneh.

Bahkan, Dr Calum Mackellar dari Scottish Council on Human Bioethics, mengatakan bahwa tindakan menyambungkan kepala dan tubuh manusia adalah seperti adegan pada film horor.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved