'Es-loli' Telah Ditemukan di Awan

Tanggal: 1 Jul 2017 22:40 wib.
Dilansir dari News.sky.com - Para ilmuwan mengidentifikasi sebuah tipe unik dari formasi es yang terbentuk dan bisa ditemukan dua kilometer di udara.

Stavros Keppas dan rekan-rekannya dari School of Earth, Atmospheric and Environmental Science membuat penemuan selama penelitian baru-baru ini saat terbang melintasi Samudra Atlantik timur laut.

Mereka melihat es itu mulai terbentuk dalam bentuk yang sangat tidak biasa dan sangat mirip dengan es-lilin dengan bentuk es yang panjang menempel pada ‘kepala’nya.

"Es-loli adalah produk dari tumbukan antara kolom es dan tetesan air cair di udara," kata Keppas. "Serpihan es dibuat pada suhu antara C dan C  di awan dan langsung membekukan tetesan air yang mereka sentuh, menciptakan bentuk es yang tidak biasa ini."

"Kristal es terbentuk menjadi bentuk yang khas, tergantung pada suhu, jumlah uap air dan kelembaban."

Sayangnya hanya ada sedikit kemungkinan untuk benar-benar ‘memanen’ permen es tertentu ini karena ukurannya hanya satu milimeter dan hanya dapat ditemukan di ketinggian.

"Kemajuan terbaru dalam teknik pengukuran memungkinkan kita melihat fenomena meteorologi dengan presisi lebih tinggi dari sebelumnya," kata Keppas. "Sekarang kita bisa mengidentifikasi formasi unik seperti ini dan mulai memahami kompleksitasnya."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved