Tampang

Israel Bunuh Komandan Hizbullah, Perang Gaza Meluas Hingga Lebanon

16 Mei 2024 18:57 wib. 249
0 0
Israel Bunuh Komandan Hizbullah
Sumber foto: google

Media pemerintah Lebanon mengatakan serangan Israel terhadap sebuah mobil di selatan negara itu menewaskan dua orang pada Selasa (14/5/2024), dan sumber yang dekat dengan Hizbullah yang didukung Iran mengatakan seorang komandan lapangan termasuk di antara korban tewas. Perang yang terus meluas ini memperparah ketegangan di Timur Tengah dan menimbulkan kekhawatiran akan memuncaknya konflik yang lebih besar.

Komandan Hizbullah yang dikenal sebagai tokoh penting di militan islam syi'ah terbunuh pada akhir pekan lalu, ketika pesawat tak berawak Israel menyerang mobil di jalan utama Tyre-Al-Hush menewaskan dua orang di perbatasan Lebanon. Serangan ini disambut dengan amarah oleh Hizbullah, yang menyatakan akan membalas tindakan Israel dengan memperkuat perlawanan. Eskalasi pertempuran antara kedua belah pihak ini telah menjadi ancaman serius bagi perdamaian di wilayah tersebut.

Tidak hanya di perbatasan Lebanon, dampak dari konflik ini juga telah menjalar ke wilayah Gaza. Israel telah melancarkan serangan udara terhadap kawasan tersebut sebagai tanggapan atas peluncuran roket-roket oleh kelompok militan Palestina, Hamas. Situasi ini semakin memperumit upaya rekonsiliasi antara Israel dan Palestina yang sebelumnya sudah tegang.

Perang yang merembet hingga ke Lebanon juga menciptakan ketegangan baru di kawasan tersebut. Pemerintah Lebanon merespons serangan Israel dengan mengecam tindakan tersebut dan menyatakan dukungan penuh terhadap Hizbullah. Sejumlah serangan balasan dilaporkan terjadi di wilayah perbatasan, meningkatkan kekhawatiran akan memanasnya konflik di wilayah tersebut.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Fungsi Utama Masjid dalam Agama Islam
0 Suka, 0 Komentar, 11 Apr 2024

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?