Tampang

Dampak Badai Matahari 2024, Ada Aurora dan Gangguan Sinyal

20 Mei 2024 15:46 wib. 70
0 0
Dampak Badai Matahari 2024
Sumber foto: google

Badai matahari merupakan fenomena alam yang dapat berdampak besar bagi aktivitas di Bumi. Pada tahun 2024, diperkirakan terjadi badai matahari yang dapat menimbulkan berbagai dampak, termasuk munculnya aurora dan gangguan sinyal. Hal ini menjadi perhatian serius karena adanya potensi gangguan pada berbagai sistem teknologi yang bergantung pada sinyal, termasuk sistem navigasi dan telekomunikasi.

Salah satu dampak dari badai matahari adalah Badai Matahari ekstrem yang berlangsung sejak Jumat (10/5/2024) dilaporkan memunculkan pemandangan langka aurora di sejumlah negara hingga masalah sinyal. Pemerintah Amerika Serikat melalui Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) menyebut, badai geomagnetik ekstrem terparah dalam 20 tahun terakhir ini diperkirakan akan berlanjut hingga akhir pekan.

Selain munculnya aurora, dampak lain dari badai matahari adalah gangguan pada sinyal teknologi di Bumi. Gelombang partikel yang dihasilkan dari badai matahari dapat memengaruhi sistem elektronik di lapisan atmosfer atas, termasuk satelit dan sistem komunikasi. Gangguan ini dapat menyebabkan gangguan pada sinyal GPS, telepon satelit, dan jaringan komunikasi lainnya.

Dampak ini dapat dirasakan terutama di daerah-daerah yang bergantung pada teknologi satelit untuk sistem navigasi dan komunikasi, seperti penerbangan, pelayaran, dan operasi darat lainnya. Oleh karena itu, badai matahari pada tahun 2024 perlu menjadi perhatian bagi para ahli dan pihak terkait di bidang teknologi dan komunikasi untuk mempersiapkan langkah-langkah mitigasi yang diperlukan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%